Monumen Simpang Lima Gumul, Wisata Indonesia Rasa Luar Negeri Punya Kediri

GAYA | 30 Januari 2019 14:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Kalau Anda berkesempatan mengunjungi kota Kediri yang ada di Jawa Timur, sempatkanlah untuk meluangkan waktu sejenak guna mengunjungi Monumen Simpang Lima Gumul. Inilah landmark kebanggaan kota Kediri yang masih tergolong baru.

Monumen Simpang Lima Gumul berada di pusat persimpangan jalur lima arah menuju Pare, Kediri, Plosoklaten, Pesantren dan Menang. Secara administratif merupakan bagian dari Desa Tugurejo, Kecamatan, Gampengrejo, Kabupaten Kediri. Struktur dibangun sejak tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008.

Monumen Simpanglima Gumul ©2012 Merdeka.com/sapto anggoro


Monumen Simpang Lima Gumul ©Instagram/danang_arengga


Monumen SLG, nama populernya di antara warga Kediri termasuk satu di antara sekian banyak lokasi di tanah air yang berjuluk 'Indonesia rasa luar negeri'. Struktur monumen yang megah ini memang mengingatkan banyak orang kepada Arc de triomphe de l'Etoile atau biasa disebut Arc de Triomphe. Kalau yang disebut terakhir ini merupakan monumen kebanggaan kota Paris, Prancis.

Monumen Simpang Lima Gumul ©Instagram/idrissaelany


Monumen Simpang Lima Gumul memiliki luas bangunan 804 meter persegi, ditumpu 3 tangga sepanjang 3 meter dari dasar pura, dan tinggi 25 meter. Jika kita berada di atap monumen dapat kita saksikan keseluruhan panorama Kediri dari atas dan proyeksi pengembangan kawasan perdagangan ini yang secara keseluruhan seluas 37 Ha. Struktur monumen dihiasi patung dan relief-relief artistik yang menceritakan sejarah, kesenian, dan kebudayaan Kediri.

Monumen Simpang Lima Gumul ©Instagram/rizkymuchsin


Monumen Simpang Lima populer sebagai objek wista murah meriah bagi warga Kediri dan sekitarnya. Saat sore pelatarannya tak pernah sepi pengunjung. Ada yang memilih untuk bersantai sembari piknik tipis-tipis. Ada pula yang jeprat-jepret foto demi unggahan fotogenik di Instagram.

Monumen Simpang Lima Gumul ©Instagram/vaiqelizza

Monumen Simpang Lima Gumul ©2015 Merdeka.com


Saat malam hari pun Monumen Simpang Lima Gumul tak pernah kekurangan pengunjung. Pasalnya sekarang struktur monumen sudah dilengkapi penerangan temaram yang menjadikannya tampak semakin cantik.

Baca juga:
Sunrise Magis Berselimut Kabut di Punthuk Setumbu
Pemandangan Fotogenik di Sepanjang Janjang Koto Gadang, Great Wall-nya Sumbar
Mengintip Tradisi Greasy Pole, Panjat Pinangnya Nelayan Italia di Gloucester
Saat Bangkai Pesawat Jumbo Jet Disulap Jadi Hotel nan Nyaman
Keindahan Lebanon dari Balik Lensa, Jauh Lebih Indah daripada Reputasinya

(mdk/tsr)