Musisi Indonesia Gubah Komposisi Orkestra untuk Olimpiade Tokyo 2020

Musisi Indonesia Gubah Komposisi Orkestra untuk Olimpiade Tokyo 2020
Isnaeni Achdiat. ©2021 Vidio.com/Liputan6.com
GAYA | 4 Agustus 2021 22:07 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Partisipasi Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020 bukan cuma sebatas mengirim atlet untuk berlaga di pertandingan. Musisi Indonesia pun tak ketinggalan menyumbangkan karya. Salah satunya adalah Isnaeni Achdiat yang mempersembahkan komposisi orkestra khusus untuk pesta olahraga empat tahunan ini.

Isnaeni Achdiat menggubah lagu berjudul Take to The Sky yang dibuat khusus untuk Olimpiade. Isnaeni mengatakan, lagu tersebut ia ciptakan sebagai pengingat kemampuan luar biasa manusia. Kemanusiaan, kata Isnaeni, menjadi pesan inti dari lagu yang juga memuat lirik berbahasa Jepang tersebut.

Pesan Kemanusiaan Lewat Lagu

Melalui lagu Take to The Sky, Isnaeni ingin menyampaikan kalau kemanusiaan harus menjiwai semua prestasi manusia. Menurutnya, hal itu haruslah menjadi tujuan utama setiap inovasi dan prestasi yang dibuat manusia.

"Manusia itu hebat sekali. Ada covid-19 kita punya vaksin. Ada masalah polusi, kita buat mobil listrik. Saya pengin itu tidak hanya untuk keuntungan semata, melainkan harus dikembalikan untuk kesejahteraan masyarakat," kata Isnaeni saat dihubungi Liputan6.com (4/8/2021).

"Take to the Sky dimaksudkan untuk menyatukan orang-orang, untuk berbagi mimpi dan fokus kepada cinta dan kasih sayang sebagai dasar dari perbuatan kita," ujarnya menambahkan.

Cita-Cita Sejak Kecil sang Komponis

Isnaeni mengungkapkan, menciptakan lagu untuk acara-acara besar memang sudah menjadi cita-citanya sejak kecil. Namun kesibukan sehari-hari membuatnya tak kunjung menciptakan lagu tersebut.

"Kebetulan sejak pandemi, saya punya banyak waktu luang. Saya jadi teringat cita-cita saya waktu kecil itu," ujar Isnaeni.

Terkait komposisi lagunya, Isnaeni mengungkapkan, ia sengaja mengawali lagu dengan suasana hening. Memasuki pertengahan lagu, kata Isnaeni, barulah dihadirkan suasana menghentak lewat ketukan drum.

Komposisi itu menurut Isnaeni menyiratkan tema lagu yakni kemanusiaan. "Saya memang ingin mengangkat sesuatu yang besar," katanya.

"Saya harap, lagu ini bisa menginspirasi kita melakukan sesuatu untuk kemanusiaan dan sinarnya terlihat bahkan dari Mars," pungkasnya.

Baca Selanjutnya: Lirik Lagu Take to The...

Halaman

(mdk/tsr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami