Pakar Kesehatan: Ini 5 Tips Cegah Virus Corona saat Traveling ke Luar Negeri

GAYA | 27 Januari 2020 11:29 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Berbagai berita mengenai wabah virus Corona dari Wuhan, China memang meresahkan seluruh dunia. Warga Indonesia pun perlu waspada terhadap penyebaran virus yang satu ini.

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang sudah terlanjur merencanakan traveling ke luar negeri jauh-jauh hari? Haruskah rencana bepergian dibatalkan?

Tidak perlu seperti itu, kok. Menurut Prof, Ari Fahrial Syam, akademisi dan praktisi klinis, berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menghindari terjangkitnya virus corona saat bepergian ke luar negeri.

1 dari 6 halaman

Menurut Prof, Ari Fahrial Syam, sebenarnya penyebaran virus juga tidak mudah kecuali kita kontak langsung dengan penderita. Cuma masalahnya memang infeksi virus baru ini sama seperti infeksi paru lain.

Virus corona sendiri sama seperti virus corona jenis lain, bisa menyebabkan gejala infeksi saluran pernapasan. Gejalanya antara lain batuk dan sesak napas. Jika infeksi virus ini sudah mencapai paru-paru, bisa saja terjadi gagal napas.

"Secara umum virus corona sendiri umumnya ditularkan melalui batuk dan bersin," ujarnya saat dihubungi Fimela.com.

Karena itulah pada kasus yang dicurigai dilakukan upaya isolasi. "Pasien dengan infeksi virus corona ini datang dengan demam tinggi, batuk dan sesak napas. Sehingga sulit membedakan dengan infeksi paru lain," tambahnya.

Tips Hindari Virus Corona saat Traveling

Berikut ini beberapa tips untuk hindari virus corona saat traveling ke luar negeri.

2 dari 6 halaman

1. Penuhi Kebutuhan Gizi dengan Cukup Makan dan Minum

"Harus dipastikan bahwa kita selalu mengonsumsi makanan dan minuman yang higienis. Diusahakan makanan yang dikonsumsi dalam keadaan fresh. Menghindari makanan dan minuman yang manis, gorengan, dan minuman dingin yang bisa merangsang iritasi tenggorokan," ujarnya.

3 dari 6 halaman

2. Pakai Masker saat Berada di Keramaian

Selama berada di negara lain, terutama jika sedang berada di kerumunan, sebaiknya selalu menggunakan masker. Masker N95 sangat dianjurkan, karena itu untuk orang sehat dan bertujuan mencegah terhirupnya virus dan partikel halus.

4 dari 6 halaman

3. Rutin Cuci Tangan dengan Sabun/Cairan Antiseptik

Rajin-rajinlah cuci tangan dengan sabun atau antiseptik cair, baik sebelum dan sesudah makan maupun setelah kontak dengan sesuatu yang juga disentuh oleh orang lain.

5 dari 6 halaman

4. Luangkan Waktu untuk istirahat

Usahakan Anda tetap mendapatkan waktu yang cukup untuk istirahat. Minimal 6 jam dalam 24 jam selama berada di negara tujuan.

6 dari 6 halaman

5. Tutup Mulut dan Hidung saat Batuk atau Bersin

Tutuplah mulut dan hidung saat batuk atau bersin. Jika demam dan batuk, segeralah mencari pertolongan kepada dokter.

Reporter: Anisha Saktian Putri
Sumber: Fimela.com (mdk/tsr)

Baca juga:
7 Wisata Prancis Paling Terkenal yang Membius Mata Wisatawan
7 Tips Traveling Aman dan Nyaman dengan Bus saat Liburan Tahun Baru
7 Wisata Alam Kulon Progo, Ada Air Terjun Bak Pemandian Bidadari
7 Wisata Alam Magelang Paling Sering Dikunjungi, Keren Banget
7 Wisata Lembang yang Instagramable, Wajib Dicoba

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.