Penasaran Berujung Bencana, Kenali Tanda-Tanda Kucing Menelan Benda Asing

Penasaran Berujung Bencana, Kenali Tanda-Tanda Kucing Menelan Benda Asing
©shutterstock
GAYA | 14 Mei 2021 13:00 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Ada berbagai obyek di sekitar kita yang dianggap remeh, seperti kerikil, tali, dan kain perca. Tapi sebagai pemilik kucing, benda-benda ini justru perlu diperhatikan karena akan menjadi pemicu gangguan kesehatan jika sampai tertelan oleh hewan peliharaanmu.

Anabulmu secara alami memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi sehingga tidak menutup kemungkinan untuk mengalami kecelakaan karena menelan benda asing. Jika hal ini terjadi, mengenali tanda-tandanya bisa membantumu memberikan pertolongan pertama.

Mengapa Kucing Makan Benda Asing?

muezza baru
©shutterstock

Ada banyak alasan kucing memakan barang-barang yang aneh. Terkadang didorong rasa lapar atau tidak disengaja, tetapi ada juga alasan medis seperti kekurangan nutrisi atau gangguan kesehatan.

Konsultasikan dengan dokter hewan jika melihat kebiasaan anabul yang tertarik memasukkan benda-benda asing ke mulutnya selain makanan. Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kesehatan hewan peliharaanmu untuk mengungkap penyebabnya.

Tanda-Tanda Menelan Benda Asing

muezza baru
©shutterstock

Kebanyakan benda asing yang tertelan akan melewati sistem pencernaan kucing tanpa menimbulkan masalah. Tapi jika mendadak anabulmu menunjukkan berbagai tanda seperti muntah, diare, lesu atau lemas, awasi selama 24 jam ke depan untuk memastikan hewan peliharaanmu sudah makan dan buang air secara teratur. Kalau menunjukkan gejala yang lebih parah, segera hubungi dokter hewan langgananmu.

Penyumbatan

muezza baru
©shutterstock

Saat kucing memakan benda asing yang terlalu besar untuk melewati saluran pencernaannya, ini menciptakan kondisi yang berisiko mematikan atau obstruksi benda asing. Tanda-tanda obstruksi antara lain muntah, diare, nyeri perut, kurang nafsu makan, lesu, dan perilaku agresif. Bisa terjadi sebagian atau keseluruhan, kondisi ini tetap berbahaya dan membutuhkan perawatan dokter hewan sebelum terjadi kerusakan permanen pada usus, bahkan kematian.

Pengobatan

Langkah pertama menangani kucing yang menelan benda asing adalah menemukannya. Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan perut dan sinar-X untuk menemukan benda yang dimaksud. Setelah selesai, kemungkinan akan memicu muntah jika benda tersebut masih berada di dalam perut anabul. Jika benda asing telah sampai ke usus dan menyebabkan penyumbatan, maka harus dilakukan operasi pengangkatan benda asing.

muezza baru
©Muezza

Pastikan untuk memperhatikan kondisi kucing dan batasi aksesnya ke benda asing yang berpotensi berbahaya seperti tali atau benang. Selain itu, penuhi kebutuhan nutrisi harian anabul dengan memberikan cat food terbaik dari Muezza. Mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan dengan kadar yang tepat, brand makanan kucing kering ini dibuat dengan bahan alami tanpa penambahan bahan sintetik.

Selain dijamin sehat, pemilik kucing juga bakal makin happy karena kini bisa lebih leluasa mengurus hewan peliharaannya tanpa was-was terkena air liurnya. Begitu juga saat membersihkan wadah makannya di tempat cuci piring, memegang makanannya, mencari lokasi penyimpanan, hingga membawanya bepergian. Tersedia dalam 4 varian rasa yang menggugah selera makan kucing, Muezza bisa dibeli secara online di Shopee maupun Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami