Penelitian: Kerap Menghindar dari Konflik Bisa Tingkatkan Risiko Perceraian

GAYA | 16 Agustus 2019 12:15 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Tidak ada orang yang ingin bermasalah di dalam hubungan. Namun kadang konflik tak bisa dihindari. Ini adalah hal yang wajar.

Satu hal yang pasti, mencoba menghindari datangnya masalah dan menghindar dari masalah di depan mata merupakan dua hal yang berbeda. Hal yang pertama memang harus dilakukan. Sementara hal yang kedua justru bisa membahayakan kelangsungan hubungan. Bahkan bisa memperbesar risiko perceraian bagi pasangan yang sudah menikah. Apa sebabnya?

1 dari 3 halaman

Menghindar dari Masalah dengan Istri Perbesar Risiko Cerai

Sebuah penelitian tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Marriage and Family menemukan bahwa suami-suami yang menghindar saat ada masalah dengan istrinya diprediksi memiliki risiko bercerai yang lebih besar.

2 dari 3 halaman

Silent Treatment Bikin Konflik Meruncing

Peneliti melakukan interview terhadap 350 pasangan pengantin baru untuk mengetahui apa penyebab masalah yang sering muncul dalam pernikahan, dan 'silent treatment' hanya akan memperparah keadaan dan memperburuk hubungan. Silent treatment yang dimaksud di sini adalah mendiamkan pasangan dengan tujuan untuk menghindari pertengkaran secara terbuka.

3 dari 3 halaman

Menghindari Konflik yang Ada Menciptakan Ketidakpuasan

Bukan hanya itu, penelitian tahun 2014 yang dimuat dalam jurnal Communication Monographs juga menyebutkan bahwa pasangan menikah yang salah satu pihaknya memilih diam tak mau membicarakan masalah yang sedang mereka dihadapi cenderung tidak bahagia dalam hubungan cinta tersebut.

Sekali lagi, menghindari konflik bukan jawaban yang tepat bagi kelanggengan sebuah hubungan. Karena pasangan yang dewasa belajar bertumbuh dengan menghadapi masalah bersama. Sementara menghindari masalah yang sudah terlanjur ada hanya akan memperburuk komunikasi.

Reporter: Febi Anindya Kirana
Sumber: Fimela.com (mdk/tsr)

Baca juga:
Penelitian: Besar Gaji Ternyata Berpengaruh Terhadap Risiko Perceraian
Pemerintah India Akan Larang Perceraian Talak Tiga Bagi Muslim
Bantah Diceraikan Bekas Raja Malaysia, Eks Miss Moscow Unggah Foto Anak di Instagram
Mantan Raja Malaysia Dikabarkan Bercerai dengan Ratu Kecantikan Rusia
Selain Song Joong Ki, ini 4 Pasangan Artis Korea yang Cerai dalam Waktu Singkat