Penelitian: Kita Cenderung Menilai Pasangan Jauh Lebih Pintar daripada Aslinya

GAYA | 13 April 2019 04:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Ketika berada di dalam sebuah hubungan, tentunya kita akan menyukai banyak hal dari diri pasangan. Kita menganggap mereka menarik, baik, dan menyenangkan. Kita juga cenderung menganggap pasangan pintar. Sayangnya, penilaian ini tidak selalu tepat.

Seperti dilansir Her.ie, manusia cenderung mengkompensasi pasangannya secara berlebihan, terutama dalam urusan intelijensi. Kita lebih mudah membentuk anggapan bahwa pasangan lebih pintar daripada yang sebenarnya.

Para peneliti dari University of Western Australia dan University of Warsaw menemukan bukti bahwa pria dan wanita cenderung mengestimasi IQ pasangan lebih tinggi daripada IQ mereka sendiri.

1 dari 2 halaman

Pasangan ber-IQ Tinggi Memandang Satu Sama Lain Lebih Tinggi

Hasil penemuan yang dipublikasikan oleh Intelligence ini menunjukkan bahwa pasangan heteroseksual memperkirakan IQ pasangan mereka dengan rerataan tujuh poin lebih tinggi daripada IQ mereka sendiri.

Semakin tinggi IQ pasangan, semakin tinggi pula kemungkinan mereka menjalani hubungan yang bahagia. Karena itulah mereka cenderung melihat banyak hal dengan positif.

Para peneliti menggunakan tes verbal dan tertulis untuk mencari tahu sepintar apa para partisipan di mata pasangan mereka dan level kecerdasan mereka yang sesungguhnya.

2 dari 2 halaman

Masih Butuh Penelitian Lebih Jauh

Penelitian ini mencoba menunjukkan hubungan antara seleksi seksual dan seleksi kecerdasan, tetapi masih diperlukan tes lebih lanjut untuk memastikan akurasi hasil temuan ini.

"Tampaknya perempuan dan laki-laki terlibat dalam proses seleksi pasangan dengan mengevaluasi IQ, konsisten dengan model pasangan yang mutual dari seleksi seksual," kata para penulis penelitian. "Namun, manfaat pribadi kompatibilitas intelektual tampaknya masih kurang jelas." (mdk/tsr)

Baca juga:
Ini Alasan Kenapa Suami Istri Semakin Mirip dari Hari ke Hari
Benarkah Dengarkan Lagu Galau Saat Patah Hati Bikin Lebih Lega?
Menurut Pakar, Perceraian Orangtua Tak Harus Bikin Anak Tak Percaya Pernikahan
Sakit di Badan Jadi Enakan Karena Lihat Foto si Dia, Tandanya Kamu Sudah Jatuh Cinta
24 Tanda Hubungan Abusive Menurut Psikolog, Kenali Gejala-Gejalanya