Penelitian: Konsumsi Selada Air Sebulan Bikin Kerutan Berkurang

GAYA | 13 November 2019 04:01 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Watercress atau selada air merupakan sayuran yang nilai gizinya sudah terkenal sejak zaman dahulu. StyleCraze menyebut sayuran ini sebagai menu harian para prajurit Romawi. Sementara artikel yang dilansir MailOnline mengatakan kalau selada air sudah dikenal sebagai sayuran bergizi tinggi sejak saman Mesir dan Yunani kuno.

Sebuah penelitian menyebut selada air efektif untuk meningkatkan kesehatan kulit dari dalam. Konsumsi sayuran ini selama sebulan disebut bisa meningkatkan kesehatan kulit secara signifikan.

1 dari 3 halaman

Selada Air Setiap Hari, Kerutan Berkurang dalam Sebulan

Penelitian menunjukkan 10 dari 11 wanita yang menyantap 80 gram selada air segar selama sebulan mengalami peningkatan kondisi kulit. Sebanyak 7 dari 11 wanita bahkan mendapati kerutan di kulit mereka berkurang.

Analisis kesehatan kulit dengan kamera VISIA menunjukkan hasil yang positif pada mayoritas peserta penelitian. Selain itu, para peserta penelitian juga merasa lebih berenergi setelah rutin mengonsumsi selada air.

2 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisi Selada Air

Secangkir selada air segar mengandung vitamin A dan vitamin C. Kandungan vitamin K yang dimilikinya bahkan memenuhi 106 persen kebutuhan tubuh per hari. Selain itu, selada air juga cuma mengandung 4 kalori.

Selada air memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi daripada susu dan lebih banyak zat besi daripada bayam.

Sementara kandungan lutein dan zeaxanthin yang dimilikinya 45 kali lebih banyak daripada tomat matang.

3 dari 3 halaman

Penjelasan Pakar Gizi

Dr. Sarah Schenker, pakar nutrisi yang mengawasi penelitian mengatakan, "Selada air kaya sumber betakaroten yang dibutuhkan untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel kulit."

"Walaupun begitu, agar bisa bekerja dengan baik, vitamin C konsentrasi tinggi juga diperlukan untuk melengkapi proses ini dan selada air mengandung banyak sekali nutrisi ini [vitamin C]." (mdk/tsr)

Baca juga:
5 Manfaat Konsumsi Pepaya buat Kulit dan Rambut
Konsumsi 7 Buah-Buahan Lokal Ini untuk Kulit Awet Muda
5 Manfaat Kecantikan Konsumsi Labu, Buah Kuning Khas Halloween
Masker dari Kulit Apel untuk Kulit Awet Muda
Manfaatkan Kulit Pisang untuk Atasi Jerawat dan Kulit Kering