Penelitian: Rata-Rata Manusia Temukan Sahabat di Usia Ini

GAYA | 20 Oktober 2019 12:05 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Rasanya hampir tidak ada orang yang tidak punya sahabat. Bahkan mereka yang memiliki sifat paling penyendiri sekalipun pasti memiliki setidaknya satu orang teman dekat. Seberapa dekatnya tentu berbeda bagi setiap orang. Begitu juga kapan mereka mulai memiliki sahabat itu.

Bisa jadi setiap orang bertemu sahabat terbaik mereka di fase hidup yang berbeda-beda. Namun jika dilihat dari sudut pandang ilmiah, di usia berapakah kebanyakan orang bertemu sahabat mereka?

Ternyata sebuah studi yang disebut Friendship Report dan dilakukan oleh Protein Agency dan Snapchat menemukan bahwa rata-rata orang menemukan sahabatnya di usia 21 tahun, masa-masa setelah lulus SMA dan pertama masuk kuliah.

1 dari 3 halaman

Masa-Masa Mengenal Banyak Orang Baru

Secara global, penelitian melibatkan 10 ribu orang dengan rentang usia 13-75 tahun. Umur 21 adalah rata-rata usia awal kedewasaan.

 /></p>
<p style=2013 Merdeka.com/Anugrah Yogi Pranata

Ini adalah usia di mana banyak orang mengalami banyak hal dalam hidupnya, perubahan yang kemungkinan memberikan banyak makna. Dan di usia itu juga seringkali mereka akan mengenal banyak orang, dan pada akhirnya membuat mereka menemukan sahabatnya.

2 dari 3 halaman

Perempuan Punya Lebih Banyak Sahabat

Lebih jauh, penelitian tersebut juga menemukan bukti bahwa perempuan punya lebih banyak sahabat. Kaum perempuan punya setidaknya lebih dari satu teman yang dekat.

3 dari 3 halaman

Beda Persahabatan Lelaki dan Perempuan

Hubungan persahabatan perempuan dan laki-laki juga berbeda. Para perempuan cenderung membicarakan banyak hal, mulai dari yang sepele hingga serius dan mendalam.

 /></p>
<p style=2015 Merdeka.com/SBS

Berbeda dengan para wanita, kebanyakan lelaki justru jarang membicarakan hal-hal yang sangat pribadi dengan sahabatnya. Tetapi walaupun persahabatan mereka terlihat tidak terlalu dalam di luar, bukan berarti mereka tidak punya solidaritas tinggi terhadap orang yang diakui sebagai sahabat.

Reporter: Febi Anindya Kirana
Sumber: Fimela.com (mdk/tsr)

Baca juga:
6 Kesalahan yang biasa kita lakukan saat meminta maaf
7 Tipe teman yang buruk untuk kesehatan keuangan Anda
Benarkah kehamilan sahabat bisa 'menular'?
Ini 4 zodiak yang paling protektif terhadap sahabat mereka
Potret persahabatan sejati si Buta dan si Lumpuh yang bikin haru