Perbedaan Fungsi 12 Brush Make Up untuk Mata, Jangan Sampai Keliru

GAYA | 14 November 2019 15:43 Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Merdeka.com - Mata menjadi salah satu bagian wajah yang kerap jadi pusat perhatian, karena dianggap mampu merefleksikan penampilan secara keseluruhan. Tak heran, banyak perias yang gemar menggunakan brush make up tebal di bagian mata, agar mata terlihat lebih menonjol.

Untuk membuat riasan mata menjadi lebih menarik, ada banyak peralatan make up yang digunakan. Selain eyeshadow warna-warni, eyeliner, maskara, dan concealer, eye brush atau sikat/kuas mata memiliki peran penting.

Eye brush terdiri dari 12 jenis. Walau bentuk eye brush ini mirip satu dengan yang lain, tapi ternyata memiliki fungsi berbeda. Cara pemakaian juga berbeda, ada eye brush yang digunakan khusus untuk eye shadow, dan ada yang digunakan untuk membuat mata tampak flawless.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa menyimak perbedaan fungsi brush make up untuk mata berikut ini, agar tidak keliru dan hasil make up jadi lebih menarik.

1 dari 4 halaman

Perbedaan Fungsi Crease, Fluffy, dan Flat Brush

1. Crease Brush untuk Meratakan Warna di Lipatan Kelopak Mata

Sama seperti namanya, crease (lipatan), brush make up ini digunakan khusus untuk bagian lipatan mata. Bentuk brush ini lebih pendek dan sesuai untuk mengoleskan make up ke lipatan mata agar warnanya lebih merata hingga ke sela-sela lipatan mata.

2. Fluffy Brush untuk Mengaplikasikan Eyeshadow

Kalau dilihat bentuknya, fluffy brush memiliki ujung kuas lebih panjang dari crease brush. Fungsi brush make up ini untuk mengaplikasikan eyeshadow di seluruh kelopak mata. Brush ini juga berfungsi membuat layer atau lapisan eyeshadow, dan membuat lapisan eyeshadow tampak flawless.

3. Flat Brush untuk Meratakan Warna Eyeshadow

Sekilas, bentuk flat brush sangat mirip dengan fluffy brush. Bedanya, flat brush lebih tebal dan ujungnya sedikit lebih melengkung seperti crease brush. Fungsinya, untuk meratakan warna eyeshadow, terutama di bagian lipatan kelopak mata. Selain itu, brush make up ini juga berguna untuk menyatukan warna eyeshadow dan membuat cut-crease eye look make up.

2 dari 4 halaman

Perbedaan Fungsi Blending, Angled Eyeliner dan Flat Tipped Linner Brush

4. Blending Brush untuk Merapikan Eyeshadow

Setelah mengaplikasikan eyeshadow, biasanya blending brush akan digunakan untuk merapikan eyeshadow, terutama di bagian tepi. Selain itu, brush ini juga berfungsi membuat warna eyeshadow lebih flawless. Bentuk blending brush hampir sama dengan flat brush, bedanya, kedua sisi blending brush lebih sejajar.

5. Angled Eyeliner Brush untuk Mengaplikasikan Eyeliner

Kalau brush make up satu ini memiliki ujung kuas unik. Berbeda dengan eye brush sebelumnya, angled eyeliner brush memiliki satu sisi kuas yang runcing. Brush ini berfungsi mengaplikasikan dan merapikan eyeliner. Angled eyeliner brush ini juga bisa digunakan untuk membuat bentuk eyeliner lebih tajam.

6. Flat Tipped Liner Brush untuk Mengatur Ketebalan Garis Mata

Selain soal warna eyeshadow, garis mata sangat penting untuk menciptakan kesan mata lebih tajam dan menonjol. Untuk mengatur ketebalan garis mata, kita bisa menggunakan flat tipped liner brush, yang ujungnya datar dan tipis.

3 dari 4 halaman

Perbedaan Fungsi Smudge, Thin Liner dan Pencil Brush

7. Smudge Brush untuk Membersihkan dan Merapikan Hasil Make Up Mata

Smudge brush sangat penting ketika riasan mata sudah selesai. Brush ini berfungsi untuk membersihkan dan merapikan hasil make up mata. Mulai dari memudarkan noda warna yang tidak sesuai, merapikan setiap tepi eyeshadow dan garis mata.

8. Thin Liner Brush untuk Menyatukan Garis Make Up Mata

Thin Liner Brush memiliki bentuk unik, ujung kuasnya tipis dan gagangnya bengkok. Brush ini berfungsi menyatukan garis-garis make up mata yang kurang menyatu. Selain itu, brush make up untuk mata ini juga punya fungsi penting untuk riasan artistik, membuat motif gambar make up yang diinginkan.

9. Pencil Brush untuk Mengaplikasikan Highlight di Area Mata

Bentuknya hampir mirip dengan crease brush, tapi ujung kuasnya lebih pendek dan tipis. Fungsinya untuk mengaplikasikan highlight di area mata, agar make up tampak lebih natural.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Fungsi Slanted Eyebrow, Spoolie dan Comb Brush

10. Slanted Eyebrow Brush untuk Merapikan Alis

Bentuk brush make up ini mirip angled eyeliner brush, tapi kuasnya lebih tebal. Fungsinya untuk merapikan riasan alis, apabila mengenakan pensil alis.

11. Spoolie Brush untuk Membuat Alis Tampak Natural

Spoolie brush memiliki bentuk unik. Kuasnya yang melingkar spiral ini berfungsi untuk membuat tampilan alis lebih natural. Fungsinya mirip dengan kuas sisir, membuat sela-sela alis menjadi lebih terisi dan lebih rapi.

12. Comb Brush untuk Merapikan Bulu Mata dan Maskara

Brush make up yang terakhir berfungsi untuk merapikan bulu mata dan maskara. Comb brush biasa digunakan ketika bulu mata sudah dilapisi maskara. Brush ini memiliki dua sisi, satu sisi berbentuk sikat, sisi lainnya mirip seperti sisir kecil.

Sumber: Bold Sky

(mdk/snw)