Performa Suka Ngaret, Bisa Jadi 5 Hal Ini Sedang Terjadi pada Gadgetmu

GAYA | 12 Agustus 2019 12:00 Reporter : Zaki

Merdeka.com - No gadget no life. Apakah kamu termasuk orang-orang yang mengalami kesulitan saat gadget sedang bermasalah?

Digunakan untuk berbagai hal mulai dari bekerja, berhubungan dengan banyak orang, merekam momen penting, hingga hiburan, gadget diharapkan selalu bekerja dengan performa maksimal. Tapi jika mulai ngaret, bisa jadi 5 hal ini yang tanpa disadari jadi penyebabnya.

Terlalu Banyak Aplikasi

Keberadaan gadget memang memudahkan hidupmu, apalagi dengan banyaknya aplikasi yang ditawarkan. Tapi jangan salah, smartphone kesayanganmu pun bisa berubah lemot karena teralu banyak aplikasi yang terpasang. Pilah pilih kembali aplikasi yang jarang atau hampir tidak pernah digunakan karena hanya memakan banyak memori HP dan bikin sistem berjalan lambat.

Lupa Memperbaharui Aplikasi

Aplikasi yang jarang di-update akan sangat mempengaruhi performanya. Tidak heran jika saat dijalankan terkadang hang bahkan mendadak keluar sendiri. Solusi terbaiknya, coba cek apakah aplikasi tersebut perlu diperbaharui atau tidak lalu update ke versi baru yang telah tersedia.

Memori Internal yang Penuh

Setiap hari kita menggunakan gadget untuk berbagai aktivitas. Semakin lama, memori internalnya pun semakin penuh karena banyaknya data yang tersimpan. Hal ini menjadi salah satu penyebab sistem gadget terutama smartphone yang melambat.

Bukan hanya terisi oleh aplikasi, foto dan video yang sudah tersimpan cukup lama bikin gadget jadi ngaret. Belum lagi cache dan pesan masuk yang menumpuk banyak bikin kinerjanya tak maksimal dan kian lemot.

Bekerja Melewati Batas

Gadget, khususnya smartphone, memiliki batas kemampuan dalam bekerja. Jika suatu program beroperasi secara berlebihan dan melewati batas spesifikasi gadget, maka hal ini akan membuatnya berubah lemot.

Misalnya, smartphone dengan RAM 1GB dipakai untuk menjalankan game dengan spesifikasi minimal RAM 1 GB. Kalau dipaksakan, performa gadget akan ngaret karena semua memori tersedot untuk menjalankan satu program. Padahal masih banyak program lain yang juga membutuhkan memori yang cukup.

Usia Baterai Gadget

Bukan hanya memori internal gadget, usia baterai juga dapat mempengaruhi sistemnya menjadi ngaret. Baterai smartphone biasanya mulai bocor setelah dipakai selama dua hingga tiga tahun.

Hal ini biasanya terlihat dari berapa lama pengisian baterai, jika biasanya dua jam saja sudah terisi penuh tapi kalau butuh waktu lebih lama bisa jadi terjadi kerusakan. Untuk mengatasi masalah gangguan performa akibat daya tahan baterai yang menurun, hindari mengisi daya semalaman dan jangan membiarkan gadget sampai mati karena kehabisan daya.

Jangan hanya gadget saja yang performanya #AntiNgaret, kebiasaanmu yang sering terlambat juga harus diubah. Kejar hal-hal berarti yang butuh ketepatan waktu bersama GrabBike yang pasti dapat dan cepat.

Miliki ketepatan waktu dengan memanfaatkan 4 kemudahan dari Grab. Mulai dari 5 juta titik jemput yang akurat, layanan GrabNow untuk mendapatkan mitra pengemudi dengan cepat, fitur Venues yang memberi panduan foto dan teks ke titik jemput, dan fitur Saved Places yang mempermudah pemesanan.

Jadi pejuang #AntiNgaret dengan memanfaatkan program terbaru dari Grab. Dapatkan informasi selengkapnya di sini. (mdk/aki)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.