Perlukah Produk Skincare Disimpan di Lemari Es?

Perlukah Produk Skincare Disimpan di Lemari Es?
Ilustrasi produk skincare. ©2021 Tantri Setyorini
GAYA | 4 Oktober 2021 08:49 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Belakangan ini, skincare fridge alias lemari es mini khusus produk skincare tengah naik daun. Produk ini mulai banyak ditawarkan di situs e-commerce atau di-endorse oleh influencer di media sosial. Melihat fenomena ini, satu hal yang menjadi pertanyaan banyak orang. Perlukah produk skincare disimpan di lemari es? Berikut ini penjelasannya.

Tujuan Menyimpan Produk Skincare di Lemari Es

Dilansir Vogue (29/9/2021), gagasan di balik penyimpanan produk skincare di lemari es adalah menjaga bahan aktif di dalam produk skincare yang sifatnya tak stabil. Misalnya retinol, benzoyl peroxide, dan vitamin C. Khususnya vitamin C yang rusak jika terpapar cahaya atau panas. Apalagi jika kemasan produk kecantikan itu menyarankan penyimpanan di tempat yang dingin dan gelap.

"Banyak produk skincare yang lebih bagus jika diletakkan di lemari es," tutur dokter kulit dan pendiri Clinicbe, Dr. Barbara Kubicka. "Terutama produk natural dan produk yang mengandung pengawet. Suhu dingin membantu kandungan produk tetap aktif lebih lama—terutama antioksidan, growth factors, dan peptida—sekaligus memperpanjang masa pakainya."

2 dari 3 halaman

Produk Skincare yang Didinginkan Bisa Membantu Atasi Sembap

Salah satu manfaat lain dari mendinginkan produk skincare di lemari es adalah menambah efek mengencangkan secara instan. Produk skincare yang didinginkan di lemari es akan membantu mengatasi sembap, menyegarkan, meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu meredakan inflamasi saat diaplikasikan ke kulit. Karena itulah, tak sedikit beauty guru yang menyarankan sheet mask, serum, dan krim mata disimpan di lemari es.

Newby Hands dari Net-a-Porter juga mengamini penyimpanan produk skincare dan peralatan untuk merawat wajah di lemari pendingin. "Memakai sesuatu yang dingin pada kulit di pagi hari dan untuk menyegarkan kulit di penghujung hari serta sebelum keluar rumah itu menyenangkan."

3 dari 3 halaman

Jadi, Perluka Lemari Pendingin Khusus untuk Produk Skincare?

Mendinginkan produk skincare di lemari es memang bisa membantu menjaga keawetannya. Namun, perlu diingat bahwa produk kecantikan seperti ini sudah menjalani serangkaian tes sebelum diproduksi. Efektivitasnya sudah teruji. Kandungannya tidak semudah itu rusak baik Anda menyimpannya di lemari pendingin atau suhu ruangan.

Kalau Anda memiliki dana lebih yang bisa dialokasikan untuk mendapatkan skincare frigde, silakan membelinya. Namun, ini bukan hal yang esensial dalam perawatan kecantikan.

(mdk/tsr)

Baca juga:
11 Rekomendasi Velvet Lip Tint di Bawah Rp150.000 untuk Bibir Sehalus Beludru
6 Rekomendasi Cat Rambut Warna Pastel untuk Hair Dyeing di Rumah
Urutan Skincare yang Benar untuk Pemula, Perhatikan Kebutuhan Kulit Masing-Masing
8 Tips Makeup dengan Korean Look a la Eonnie Korea dari barenbliss
4 Bahan Skincare Alami Terbaik untuk Masing-Masing Jenis Kulit, Wajib Tahu
7 Manfaat Spirulina Untuk Kulit yang Mencerahkan dan Penuh Nutrisi

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami