Pesona Pulau Sombori, Miniatur Raja Ampat punya Sulawesi Tengah

GAYA | 31 Januari 2019 11:45 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Belum berkesempatan buat menjelajahi Raja Ampat? Kalau begitu bagaimana jika mengunjungi Pulau Sombori saja?

Pulau Sombori adalah 'surga tropis' yang masih tergolong baru di Morowali, Sulawesi Tengah. Disebut baru karena memang masih belum banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengenalnya seperti Raja Ampat.

Pulau Sombori ©Instagram/i_amkeyla


Pulau Sombori kerap dijuluki Raja Ampat mini atau Phi Phi Island-nya Indonesia. Pemandangan lautnya memang secantik Raja Ampat. Sementara pantai birunya yang tenang dan dikeliingi pulau-pulau hijau sekilas mengingatkan kepada objek wisata alam andalan Thailand itu.

Pulau Sombori ©Instagram/jjjstl


Keistimewaan Sombori adalah pantainya yang sangat jernih dengan air berwarna hijau kebiruan. Dikelilingi gugusan pulau hijau dan tebing karst yang indah dipandang. Ada juga gua stalagmit-stalagtit dan hidden lagoon yang bisa dicapai dengan trekking.

Pulau Sombori ©Instagram/kakabantrip


Spot foto favorit para wisatawan di sini adalah Puncak Khayangan, berupa tebing karst di mana pengunjung bisa menikmati lanskap pemandangan Sombori secara utuh.

Pulau Sombori ©Instagram/canro.simarmata


Rumah Nenek juga menjadi spot foto yang digemari traveler. Disebut demikian karena rumah terapung di pinggir pantai tersebut dimiliki seorang wanita tua.

Pulau Sombori ©Instagram/canro.simarmata


Calon wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Sombori biasanya ditawarkan paket wisata Kepulauan Labengki dan Sombori. Wisata Sombori sendiri masih belum dikelola secara maksimal. Infrastruktur dan fasilitas yang tersedia untuk wisatawan juga masih terbatas. Tetapi keindahan alamnya memang sepadan dengan kurangnya kenyamanan.

Baca juga:
Berdayung Ria Menyusuri Sungai Amazon Mini di Kondang Buntung
Miris, Pantai Kedonganan di Bali Dipenuhi Sampah Plastik & Batang Kayu
Pantai Kuta Dipenuhi Sampah Kayu dan Plastik, Wisatawan Dilarang Berenang
Polisi Berkuda Siap Amankan Wisatawan di Pantai Kuta
Kunjungan Turis Menurun Usai Tsunami Melanda Indonesia

(mdk/tsr)