Poltekpar Medan Fasilitasi Industri Wisata di Job Fair 2019

GAYA | 22 April 2019 10:41 Reporter : Haris Kurniawan

Merdeka.com - Tingkat pertumbuhan industri pariwisata dan perhotelan di Kota Medan semakin pesat. Hal ini membuat kebutuhan para tenaga kerja terampil dan kompeten dalam bidang hospitality semakin meningkat.

Ini menjadi salah satu tantangan yang harus dijawab oleh Politeknik Pariwisata Medan. Tak hanya menyediakan SDM berkualitas, tetapi Poltekpar Medan juga berusaha memfasilitasi industri dan para pekerja pariwisata untuk saling bertemu melalui job fair.

Dengan tema ‘Start Up Your Carrer’, digelarlah ‘Poltekpar Medan Job Fair 2019’ pada tanggal 25-26 April mendatang, di Kampus Politeknik Pariwisata Medan, Jalan Rumah Sakit Haji No.12. Kegiatan ini gratis bagi peserta dan tidak dipungut biaya apapun.

"Kita ingin memfasilitasi para pencari kerja melalui job fair ini. Kegiatan ini juga merupakan salah satu cara untuk membantu para alumni Poltekpar Medan agar dapat mencari pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat mereka. Kita mengupayakan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun," kata Direktur Politeknik Pariwisata Medan, Anwari Masatip, Sabtu (20/4).

Selain itu, kata Anwari, pihaknya juga ingin bermitra dengan para industri pariwisata dengan menyediakan SDM yang berkualitas dan mempertemukan mereka dalam kegiatan ini. Sebab, job fair ini juga dapat menjadi salah satu ajang pembelajaran bagi para mahasiswa yang masih kuliah. Khususnya melalui kegiatan talk show yang membahas dunia industri yang mengedepankan asas kompetensi dengan dinas terkait. Mereka dapat mengetahui realita dunia kerja yang berbeda dengan saat proses perkuliahan.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayan Giri berharap, melalui kegiatan ini para alumni Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata dapat langsung bekerja.

"Kami juga berharap, kegiatan ini dapat membangun hubungan yang sinergis dan saling menguntungkan antara Poltekpar Medan dengan kalangan dunia usaha. Khususnya dalam penyediaan kebutuhan SDM yang sesuai kebutuhan. Dengan demikian, kita dapat bersama-sama memajukan sektor pariwisata," ucapnya.

Job Fair Poltekpar Medan 2019 akan diikuti oleh 24 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang jasa pariwisata maupun perhotelan. Setiap perusahaan melakukan penjelasan tentang rekrutmen, termasuk sosialisasi profil perusahaan guna meningkatkan wawasan pencari kerja tentang peluang kerja.

Adapun 24 perusahaan yang dimaksud yakni Hotel Santika, Miyana Hotel, Grandhika Hotel, Swissbel Inn Hotel, Mikie Holiday, Prime Plaza Hotel, Sibayak Hotel, PT. SAS, Hotel Le Polonia, Bisa Group, Aston Hotel, Taman Simalem Resort, Hotel Garuda Plaza Medan, dan Ibis Style Hotel.

Kemudian ada Harper Wahid Hasyim by Aston, PT. Al Muchtar Tour and Travel, Coin Mulia Hotel Tebing Tinggi, Hotel Grand Kanaya, Indomaret, PT. Prima Andalan Sejahtera (PAS), OTO Group, JPE Medan, Hotel Karibia, dan Costa Cruise.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, Kemenpar sangat mendukung penguatan SDM di lingkungan kepariwisataan. Antara lain dengan memaksimalkan peran perguruan tinggi seperti Poltekpar Medan yang telah menciptakan SDM berkualitas melalui kurikulum pendidikan, sekaligus membuka job fair yang bisa diikuti lulusannya.

"Jika ingin pariwisata Indonesia bersaing di level global, kita harus mempunyai SDM yang memiliki kemampuan global juga. Bagaimana caranya bisa mencetak SDM berkualitas global? Salah satunya lewat langkah-langkah seperti yang dilakukan Poltekpar Medan," jelasnya.

(mdk/hrs)

TOPIK TERKAIT