Ragam Alasan Hidung Kucing Oren Bisa Berubah Warna dan Berbintik

Ragam Alasan Hidung Kucing Oren Bisa Berubah Warna dan Berbintik
©shutterstock
GAYA | 7 April 2021 13:00 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Pernah mengamati adanya perubahan warna pada hidung kucing yang mungil? Bisa jadi 1-2 warna lebih terang atau lebih gelap dari biasanya, beberapa anabul bahkan mendadak memiliki bercak di permukaan hidungnya. Sebelum mengkhawatirkannya, simak dulu beberapa alasan yang dapat memicu perubahan pada hidung hewan peliharaanmu.

Emosi

muezza baru
©shutterstock

Alasan paling umum mengapa warna hidung kucing berubah adalah karena emosinya. Jika merasa gembira atau sebaliknya menghadapi stres, anabul mengalami peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Tidak perlu khawatir akan perubahan warna hidung dari merah jambu yang lebih gelap ini, akrena tergolong normal dan berlangsung dalam jangka pendek.

Suhu

muezza baru
©shutterstock

Selain mood, suhu juga berperan dalam perubahan warna hidung kucing. Hidung mungilnya ini memiliki banyak pembuluh darah kecil di dalamnya. Uniknya, pembuluh darah ini dapat berkontraksi saat dingin dan membuat warna hidungnya tampak lebih cerah.

Saat kepanasan, aliran darah meningkat ke hidung dan memberinya warna merah muda yang lebih gelap. Perubahan warna ini biasanya akan lebih banyak terlihat pada hewan peliharaan yang memiliki hidung berwarna terang.

Bintik pada Hidung

muezza baru
©shutterstock

Hal lain yang mungkin diperhatikan adalah bintik hidung atau lentigo. Ini hanya muncul pada beberapa kucing dan biasanya memiliki gen warna merah, seperti kucing oren atau krem. Berbentuk bintik coklat, lentigo ini muncul di dekat selaput lendir seperti hidung, kelopak mata, dan bibir.

Pemilik kucing bisa menarik nafas lega karena bintik pada hidung ini akan muncul seiring bertambahnya usia dan terkadang disebut juga sebagai bintik penuaan. Makin jelas terlihat pada hidung berwarna cerah, tidak ada salahnya untuk terus memantau setiap perubahannya. Mulai dari mengambil foto untuk melihat adanya pertambahan ukuran atau perubahan tekstur permukaan, hingga meminta dokter hewan untuk memeriksanya.

Gejala Hipertensi

muezza baru
©shutterstock

Bukan hanya bisa diderita oleh manusia, kucing pun bisa mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. salah satu tanda anabulmu menderita penyakit ini adalah hidungnya yang lebih merah muda, yang dibarengi dengan gejala lainnya seperti mengeong terus-menerus, mondar-mandir, hingga kebutaan.

Pemilihan nutrisi yang tepat bisa membantu menjaga kucing tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Percayakan pilihan cat food pada Muezza, brand makanan kucing kering yang dibuat dari bahan-bahan alami dan bebas dari bahan tambahan sintetik.

muezza baru
©Muezza

Diolah dengan teknologi modern, cat food ini pun sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Bukan hanya terjamin lebih sehat, pemilik kucing pun kini lebih leluasa mengurus hewan peliharaannya. Mulai dari mengelusnya tanpa cemas terjilat, bisa mencuci mangkuk makan di tempat cuci piring, mencari lokasi penyimpanan di dalam rumah, hingga bisa memegang dry food ini langsung untuk diberikan sebagai treat.

Ada 4 varian rasa yang bisa dipilih, dapatkan Muezza di marketplace andalanmu seperti Shopee dan Tokopedia, tanpa harus ribet keluar rumah. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami