Rekomendasi Skincare untuk Mengatasi Pigmentasi Kulit, Wujudkan Kembali Glowingmu

Rekomendasi Skincare untuk Mengatasi Pigmentasi Kulit, Wujudkan Kembali Glowingmu
Rekomendasi Skincare untuk Mengatasi Pigmentasi Kulit, Wujudkan Kembali Glowingmu. ©Shutterstock
GAYA | 5 Desember 2021 15:10 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Memiliki kulit yang terlihat glowing alami pasti jadi impian sebagian perempuan. Namun, ada beberapa faktor yang membuat kondisi kulit mengalami pigmentasi atau munculnya noda hitam di area wajah. Mulai dari pengaruh hormon hingga paparan sinar matahari bisa menjadi pemicu kondisi pigmentasi pada kulit.

Sedang bermasalah dengan kondisi yang satu ini? Jangan biarkan pigmentasi mengurangi kilau cantikmu. Saatnya atasi dengan rekomendasi skincare berikut ini.

2 dari 6 halaman

Salicylic Acid

rekomendasi skincare untuk mengatasi pigmentasi kulit wujudkan kembali glowingmu

©Shutterstock

Jenis acid yang satu ini termasuk salah satu yang paling banyak direkomendasikan untuk merawat kulit. Salicylic acid bekerja untuk membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat serta mengecilkan pori-pori yang tampak melebar. Selain itu, kandungan ini juga berperan untuk mengeksfoliasi sel kulit mati, meratakan warna kulit, membuatnya tampak cerah dan mengatasi masalah pigmentasi.

Untuk merawat kulit pigmentasi dengan kandungan skincare yang satu ini, kamu bisa melakukannya 1-2 kali dalam seminggu. Gunakan skincare dengan kandungan salicylic acid dan bisa juga dikombinasikan dengan serum yang mengandung Niacinamid untuk hasil yang lebih powerful.

3 dari 6 halaman

Vitamin C

rekomendasi skincare untuk mengatasi pigmentasi kulit wujudkan kembali glowingmu©Shutterstock

Bermasalah dengan pigmentasi kulit? Vitamin C sering banget dianggap sebagai skincare hero yang dapat mengatasi masalah tersebut. Kandungan vitamin C bekerja secara efektif untuk mencerahkan dan melembutkan tekstur kulit sehingga membuatnya jadi tampak cerah dan awet muda. Nggak hanya itu saja, vitamin C juga bekerja efektif untuk mengatasi pigmentasi hingga noda bekas jerawat.

Skincare yang mengandung vitamin C bisa digunakan setiap hari. Waktu yang paling direkomendasikan adalah pagi hari setelah mencuci wajah dan sebelum menggunakan sunscreen. Dengan begitu, kulit akan terlindungi saat melakukan aktivitas di luar rumah.

4 dari 6 halaman

Retinol

rekomendasi skincare untuk mengatasi pigmentasi kulit wujudkan kembali glowingmu©Shutterstock

Bicara soal perawatan kulit yang mengalami pigmentasi, retinol jadi salah satu kandungan paling efektif yang bisa dicoba. Formula tersebut bekerja ampuh untuk mengembalikan tekstur kulit yang rusak, menyamarkan kerutan halus pada wajah, dan menyamarkan pigmentasi kulit seiring dengan manfaatnya untuk meningkatkan level hidrasi kulit.

Retinol bisa digunakan setelah membersihkan wajah di malam hari. Direkomendasikan untuk menggunakan retinol sebanyak 2 kali seminggu bagi para pemula yang baru memulai perawatan dengan bahan yang satu ini. Setelah menggunakan retinol, jangan lupa aplikasikan moisturizer untuk menjaga kelembapan kulitmu.

5 dari 6 halaman

Azelaic Acid

rekomendasi skincare untuk mengatasi pigmentasi kulit wujudkan kembali glowingmu©Shutterstock

Selain salicylic acid, azelaic acid juga jadi salah satu jenis acid yang paling banyak direkomendasikan dalam skincare. Kandungan tersebut mampu menyamarkan bekas luka hingga bekas jerawat. Selain itu, formulanya juga dapat mencerahkan wajah yang mengalami pigmentasi. Azelaic acid dapat digunakan setiap hari. Kamu bisa mengombinasikannya dengan pelembap dan gunakan dua kali dalam sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

6 dari 6 halaman

Alpha Arbutin

rekomendasi skincare untuk mengatasi pigmentasi kulit wujudkan kembali glowingmu©Shutterstock

Serum dengan kandungan alpha arbutin bekerja untuk mengatasi masalah noda hitam di wajah, seperti pigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari atau bekas jerawat. Kandungan ini juga dapat memperbaiki tekstur kulit, membuatnya jadi tampak cerah dan bercahaya. Namun, perlu diperhatikan jika kandungan yang satu ini dapat membuat kulit wajah jadi kering. Jadi, gunakan 2 kali dalam seminggu dan jangan lupa aplikasikan moisturizer untuk memberikan keseimbangan pada kulit.

Mengatasi pigmentasi pada kulit bisa dilakukan dengan beberapa rangkaian perawatan di atas. Yuk, saatnya bekali diri dengan formula yang dianjurkan tersebut agar bisa mengembalikan glowing-mu!

(mdk/wri)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami