Roti Gambang Disebut Salah Satu Roti Terenak di Dunia

GAYA | 18 Oktober 2019 17:08 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - CNN baru merilis daftar 50 roti terenak di dunia. Uniknya, salah satu kue jadul dari Indonesia masuk di dalamnya. Roti gambang yang dikenal sebagai jajanan tempo dulu kesukaan orang-orang tua.

Roti gambang menempati posisi 19 dalam daftar tersebut. Makanan seperti apakah roti gambang itu?

1 dari 6 halaman

Kue Peninggalan Belanda

Dilansir dari laman Sari Husada dan Enjoy Jakarta (Dinas Pariwisata DKI Jakarta), roti gambang adalah makanan yang hampir punah. Makanan ringan ini merupakan warisan dari zaman Belanda yang mempunyai cita rasa yang unik dan khas.

2 dari 6 halaman

Pakai Gula Merah, Karena Dahulu Gula Putih Langka

Ilustrasi roti gambang. Shutterstock

Gambang sebenarnya sejenis dengan kue bolu, tapi bedanya roti gambang tidak menggunakan gula putih. Roti ini menggunakan gula merah atau gula aren sebagai pemanis makanannya. Pasalnya dulu sangat sulit mendapatkan gula putih. Bahan lainnya terdiri dari tepung, margarin, telur, bubuk kayu manis, susu, serta bahan lainnya.

3 dari 6 halaman

Roti Jadul yang Semakin Langka

Makanan ini dulunya banyak dijual. Namun sejak orang Betawi ramai bermigrasi ke luar atau ke pinggiran kota Jakarta, roti gambang pun semakin sulit ditemukan.

Walaupun begitu, kadang masih ada beberapa penjual roti tradisional yang menjajakan roti ini dengan gerobak sepeda. Beberapa usaha kue rumahan juga masih membuat roti ini dengan beragam kreasi.

Roti dinamakan gambang karena bentuknya memang mirip dengan alat musik tradisional masyarakat Betawi yaitu gambang kromong. Gambang keromong adalah sejenis musik orkes yang memadukan unsur gamelan dengan alat musik Tionghoa, seperti sukong, kongahyan dan tehyan.

4 dari 6 halaman

Ciri Khas Roti Gambang

Ilustrasi roti gambang. Shutterstock

Roti ini memiliki aroma yang khas kalau dibandingkan dengan roti lainnya. Jika roti biasa pada umumnya mengunakan bumbu spekoek atau bumbu lapis legit, maka roti gambang mengunakan bubuk kayu manis yang lebih simpel. Tetapi aromanya benar-benar khas.

Menilik teksturnya, roti gambang cukup empuk namun tidak selembut roti biasa. Gambang juga tidak semanis roti biasa karena penggunaan gula aren dan warna kecoklatan dari warna alami gula merah. Ciri khas lainnya, selalu ada taburan wijen diatas roti gambang sebagai pemanis.

5 dari 6 halaman

Dicelup Kopi atau Teh

Cara memakannya pun agak berbeda dengan roti kebanyakan. Sobek dahulu sedikit roti gambang, lalu dicelupkan di kopi pahit atau teh tawar.

Roti gambang cocok disantap sebagai sarapan ataupun teman minum teh di sore hari. Kalau ingin makan roti gambang, maka kita tak perlu lagi menambahkan gula di dalam minuman kita.

6 dari 6 halaman

Diperkenalkan Kembali Lewat Bioskop

Meskipun disebut sudah langka, roti ini kemungkinan akan lebih dikenal generasi milenial. Pasalnya roti gambang bisa dijumpai di toko makanan di jaringan bioskop terbesar di Indonesia.

Roti yang dikemas di dalam plastik ini ukurannya lebih kecil dan lebih lembut dari roti gambang pada umumnya, tapi rasanya sama enaknya dengan roti gambang tradisional.

Reporter: Henry Hens
Sumber: Liputan6.com (mdk/tsr)

Baca juga:
Bukan Sedotan Logam, Bar-Bar di Italia Pakai Sedotan Pasta
Es Krim Rasa Marmut, Jajanan Unik yang Tengah Digemari Warga Ekuador
17 Minuman dengan Rasa Paling Ekstrem, Berani Coba?
Gregetannya Netizen Saat Artis Korea Salah Makan Durian
Ekstremnya Deretan Makanan Paling Menjijikkan di Dunia