Rutin Dilakukan Setiap Bulan, Ini Cara Mudah Memeriksa Gigi dan Gusi Kucing di Rumah

Rutin Dilakukan Setiap Bulan, Ini Cara Mudah Memeriksa Gigi dan Gusi Kucing di Rumah
©shutterstock
GAYA | 5 April 2021 13:00 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Pemilik kucing mana pun tentunya akan berusaha menjaga kesehatan hewan peliharaannya. Sayangnya, tak sedikit yang belum memahami pentingnya memeriksa gigi dan gusi anabulnya. Mungkin bukan tugas yang mudah, apalagi dengan ancaman cakaran dan gigitan dari kucing.

Tapi melakukan rutinitas ini selama 1-2 menit minimal 2-3 kali sebulan, akan membantu mencegah masalah mulut yang lebih parah dan menjaga kucingmu sesehat mungkin. Begini caranya!

Lakukan Persiapan

muezza baru
©shutterstock

Kumpulkan semua peralatan yang diperlukan, sebelum melakukan pemeriksaan gigi dan gusi kucing. Pilih waktu yang tepat, saat anabul dalam keadaan tenang.

Begitu juga jaga diri sendiri tetap tenang karena hewna peliharaanmu bisa ikut merasakan perasaan negatif atau gugup dari orang-orang di sekitarnya. Selain itu, cari tempat yang nyaman dengan pencahayaan yang baik, juga akan lebih mudah meminta pasangan atau teman untuk membantumu saat memeriksa rongga mulut kucing.

Periksa Nafasnya

muezza baru
©shutterstock

Pertama-tama, cium napas kucing. Secara alami, anabulmu tidak memiliki napas yang aneh atau bau, jadi perhatikan munculnya bau tak sedap bisa saja menjadi tanda adanya infeksi pada gusinya. Selain itu, masalah bau mulut yang tidak normal ini pun bisa jadi gejala gangguan kesehatan lainnya, seperti penyakit ginjal atau diabetes.

Periksa Giginya

muezza baru
©shutterstock

Mulailah berbicara dengan tenang dan lembut kepada kucing sambil memiringkan kepala kucing ke belakang dengan perlahan. Selanjutnya, gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk membuka sisi mulutnya lalu mulai memeriksa gigi belakang kucing.

Cari adanya gigi yang menguning karena terkena plak, lebih gelap akibat karang gigi, gigi yang retak, atau patah. Jangan lupa amati warna gusinya yang harus merah muda dan tidak ada yang tumbuh di atas gigi. Lakukan pemeriksaan yang sama di gigi depan dan di sisi lain mulut.

Tawarkan Treat

muezza baru
©shutterstock

Sebelum melepaskan kucingmu, intip bagian belakang tenggorokannya. Jika ada kemerahan yang tampak seperti batu bulat, biasanya merupakan tanda stomatitis yang menyakitkan dan biasanya ditemukan pada kucing yang lebih tua.

Setelah selesai, pastikan untuk memberi hadiah pada kucing dengan camilan yang sehat, seperti dry food yang teksturnya bantu bersihkan gigi. Jangan ragu untuk memberikan Muezza sebagai hadiah atau makanan sehari-hari karena kandungan nutrisinya yang sehat dan seimbang. Dibuat dari bahan alami dan diolah dengan teknologi modern, brand makanan kucing kering ini bebas dari bahan tambahan sintetik.

muezza baru
©Muezza

Selain sehat, Muezza pun sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, sehingga tak perlu ragu memegang dan memberikannya secara langsung pada kucing kesayanganmu. Bebas khawatir juga saat membersihkan peralatan makannya, membawa cat food bepergian, hingga mencari lokasi penyimpanannya. Tersedia dalam 4 varian rasa yaitu Tuna Flavor, Salmon Flavor, Ocean Fish, dan Mackerel Flavor, Muezza bisa didapatkan semudah belanja online di Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami