Selain Emas, Ini 5 Logam yang Bisa Dijadikan Alternatif Cincin Kawin

GAYA | 4 Agustus 2019 16:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan menjelang pernikahan. Salah satunya mungkin cincin kawin. Meskipun benda yang satu ini tak wajib ada, namun banyak pasangan yang sengaja menyiapkannya sebagai simbol ikatan terhadap satu sama lain.

Beberapa pasangan tidak menghendaki untuk menggunakan cincin yang terbuat dari emas. Beberapa pasangan muslim tidak berkenan menggunakan cincin emas karena dalam agama Islam seorang pria memang tidak diperkenankan mengenakan logam mulia.

Walaupun pria tidak diperbolehkan menggunakan emas, masih ada beberapa logam alternatif yang bisa digunakan sebagai material cincin pernikahan. Selain diperkenankan digunakan pria, logam ini juga bisa didesain seindah mungkin dan tak kalah menarik dari logam mulia.

1 dari 5 halaman

Platinum

Logam yang satu ini biasa disebut dengan istilah emas putih, meskipun sebenarnya bukan termasuk logam mulia. Platinum bisa dijadikan pengganti emas karena terlihat mewah dan elegan. Platinum juga lebih awet, anti gores, serta tidak mudah mengalami korosi. Logam yang satu ini juga tidak menyebabkan alergi di kulit sensitif.

2 dari 5 halaman

Perak

Perak termasuk jenis logam favorit untuk perhiasan, karena tergolong mudah dibentuk. Perak bisa dilebur dan diukir menjadi berbagai bentuk cincin kawin yang modis. Tampilannya juga tak kalah dari emas atau platinum. Sementara harganya sangat terjangkau. Mudah didapat di toko perhiasan manapun.

3 dari 5 halaman

Titanium

Titanium adalah logam yang cocok dijadikan sebagai bahan utama membuat cincin kawin. Titanium memiliki penampilan yang menarik dan kuat. Harga logam ini pun terbilang sangat terjangkau.

4 dari 5 halaman

Zirkonium

Logam yang satu ini termasuk kokoh dan menarik. Logam ini banyak diminati karena sangat tahan terhadap goresan maupun korosi. Zirkonium juga bisa didesain menjadi cincin pernikahan yang menawan serta mengesankan.

5 dari 5 halaman

Palladium

Palladium banyak diminati karena tampilannya yang mirip dengan emas putih, Palladium memiliki bobot cukup ringan sehingga cocok buat siapa saja. Selain itu, palladium tidak mudah menimbulkan alergi, tahan gores, dan tahan korosi. Warnanya pun tak mudah pudar.

Nah, ternyata banyak alternatif bahan cincin kawin selain emas yang bisa dipertimbangkan. Selanjutnya tinggal disesuaikan dengan anggaran saja.

Reporter: Mimi Rohmitriasih
Sumber: Fimela.com (mdk/tsr)

Baca juga:
Ini Pilihan tanggal-Tanggal Cantik untuk Pernikahan di Tahun 2019
Tren dekorasi bunga dan buket pengantin di tahun 2017
5 Hal yang harus diperhatikan jika minta bantuan teman jadi fotografer di pernikahan
5 Hal yang harus dilakukan jika rencanakan pernikahan tanpa WO
6 Kesalahan ini kerap dilakukan pengantin saat pilih hiburan musik