Solusi lezat buat si anti sayur 1: cheesy tomato & spinach quiche

Solusi lezat buat si anti sayur 1: cheesy tomato & spinach quiche
GAYA | 1 Juni 2016 16:02 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Mengonsumsi seporsi sayuran adalah hal wajib untuk dilakukan setiap hari. Pasalnya, sayuran menyimpan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya untuk menjaga kesehatan pencernaan, memenuhi kebutuhan sayur juga penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Tetapi bagaimana kalau kita tidak terbiasa mengonsumsi sayuran? Bagi sebagian orang, sayuran kurang sedap disantap karena rasanya yang sedikit langu. Walaupun begitu, sayuran bisa disulap menjadi makanan selezat daging jika diolah dengan tepat.

Berikut ini salah satu contoh olahan sayur yang bisa disantap siapa saja. Quiche adalah pai custard dengan isian gurih dari Prancis. Berikut ini bahan dan cara pembuatannya.

Bahan:

Loyang pai berdiameter 18 cm

Kulit pie (bisa didapatkan di supermarket)

1/2 ikat bayam

1/2 buah tomat

1/2 buah bawang bombay

sosis atau daging asap secukupnya (sesuai selera)

100 ml susu

1 sdm minyak sayur

60 gram keju mozarella

garam secukupnya

merica secukupnya

Cara membuat:

  • Giling kulit pie dengan rolling pin hingga mencapai ketebalan 3 mm. Letakkan kulit pai di atas loyang. Usahakan agar ukuran kulit pai lebih lebar daripada diameter loyang. Tekan kulit pai yang menjuntai dari loyang sampai menempel pada pinggiran loyang. Simpan di lemari es selama setengah jam.
  • Didihkan air dan sedikit garam, kemudian gunakan untuk merebus bayam. Angkat begitu bayam layu. Siram bayam dengan air dingin untuk menghentikan proses pematangan, kemudian peras hingga airnya benar-benar habis. Dengan begini quiche tidak akan lembek dan berair saat dipanggang.
  • Iris bawang bombay dan sosis/daging asap. Tumis dengan sedikit minyak hingga harum dan sisihkan.
  • Iris-iris tomat yang sudah dicuci dan sisihkan.
  • Kocok telur, susu, 50 gram keju, merica, dan garam, kemudian sisihkan.
  • Masukkan tumisan bawang bombay dan sosis/daging sapi dalam loyang pai. Tuangi kocokan telur dan susu, kemudian tata irisan tomat dan bayam di atasnya. Taburi dengan sisa keju, kemudian bakar dalam oven bersuhu 200 derajat Celcius selama 30 menit.

Itulah bahan dan petunjuk pembuatan cheesy tomato & spinach quiche. Merdeka.com akan menyajikan olahan lezat dari sayuran yang berbeda Rabu depan. Selamat mencoba. (mdk/tsr)


Dapatkan kulit cantik cuma dengan makan enak? Begini caranya
[Resep] Bikin sendiri granola, sarapan sehat yang hits di tahun 2016
[Resep] 4 Selai dengan rasa unik untuk lezatkan rotimu
Efek ajaib 5 kombinasi minuman segar untuk turunkan berat badan
Jangan campurkan 5 bahan sehat ini pada smoothies!

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami