Advertorial

Sukses Digelar Secara Hybrid, Ideafest 2021 Rangkul Komunitas Luar Jakarta

Sukses Digelar Secara Hybrid, Ideafest 2021 Rangkul Komunitas Luar Jakarta
©Ideafest 2021
GAYA | 30 November 2021 09:54 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Dibandingkan tahun sebelumnya, Ideafest 2021 digelar lebih epik lagi. Banyak inovasi yang dilakukan Samara Live selaku selaku penyelenggara Ideafest, salah satunya menggelar festival kreatif ini secara hybrid.

Selama pandemi, Ideafest diselenggarakan secara virtual. Namun melihat perubahan situasi saat ini, tentunya menuju arah lebih baik, didukung kemajuan teknologi yang sangat pesat, IdeaFest 2021 mencoba merespon perubahan tersebut.

Ya, di tahun ke-10, Ideafest memperkenalkan sebuah virtual arena terbaru dan platform metaverse berteknologi tinggi bernama Jagat.Live. Ini adalah platform yang dirancang untuk menggambarkan konsep interaksi virtual yang interaktif dan imersif.

Berbagai sesi inspiratif IdeaFest dapat disaksikan secara langsung di M Bloc Space. Melalui kolaborasi ini, IdeaFest yang menjadi wadah para pelaku industri kreatif di Indonesia, ingin mengapresiasi kehadiran M Bloc Space karena terus berkarya, di tengah berbagai batasan yang ada. M Bloc juga mendukung produk-produk lokal, dan menginspirasi generasi muda untuk terus berinovasi.

Selain kolaborasinya dengan Jagat.Live dan M Bloc, Ideafest tahun ini lebih banyak merangkul komunitas di luar Jakarta. Tak ketinggalan, secara konsisten mengundang komunitas inspiratif dari Indonesia, Ideafest juga menampilkan lebih dari 140 tokoh inspiratif.

Mereka tampil dalam sesi utama, yaitu IdeaTalks, Conference, Music, dan Xchievement Night. Tokoh-tokoh inspiratif itu juga mengisi 60 sesi edukatif dengan topik yang relevan, sesuai dengan perkembangan industri kreatif.

Speaker Berbobot dan Menginspirasi

ideafest 2021
©Ideafest 2021

Tablo (Rapper, Producer, Songwriter, and Author), Stefan Sagmeister (Designer), Kevin Kwan (Author of Crazy Rich Asians), Daito Manabe (Artist, Composer, Programmer, Designer, DJ, VJ, and Rhizomatiks founding member) adalah deretan speaker yang paling ditunggu-tunggu di panggung virtual Conference.

Selain nama-nama tersebut, Ideafest juga mengundang Producer of Disney’s ‘Encanto’ Yvett Merino, Director of Disney’s ‘Encanto’ Byron Howard, serta selebriti yang juga pengusaha sukses Raffi Ahmad sebagai Founder & Chairman RANS Entertainment.

Dalam sesi tersebut, Raffi Ahmad berbagi cerita tentang perjuangannya membangun RANS Entertainment. Menurut Raffi, ketika sukses baik dari sisinya sebagai artis dan pengusaha, ayah dua anak itu mengaku bahwa tanggung jawab yang ‘dipikul’ juga semakin besar.

“Kami memiliki tanggung jawab yang lebih besar ketika kami memiliki banyak pengikut dan komunitas. Jadi kami harus menjaga konten kami senetral mungkin dan tetap bertanggung jawab atas setiap konten yang kami buat,” ujar Raffi.

Selain itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno selaku juga menekankan bahwa digitalisasi dapat membantu meningkatkan kesejahteraan. Itu karena, produk berbasis talenta, budaya, dan kekayaan intelektual dilai Sandiaga Uno dapat menjadi sumber ekonomi kreatif baru.

Tak cuma motivasi dari Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Barat yang beberapa kali menjadi speaker di Ideafest, yaitu Ridwan Kamil juga ikut sharing di atas panggung virtual Conference.

Ada juga pembahasan topik lain yang seru daro Reza Servia (Producer, Managing Director of Starvision Plus), Ahmad Izham Omar (Executive Director, Content and Creative, Disney+, The Walt Disney Company Southeast Asia), dan sejumlah nama besar lainnya.

Dalam festival tersebut, IdeaFest juga menghadirkan deretan figur inspiratif lainnya seperti Brian McGinn, Cecilia Soojeong Yi, Calvin Chua, Chand Parwez Servia, Dian Sastrowardoyo, Voice Of Baceprot, Dee Lestari, Jerome Kurnia, Arawinda Kirana, Wregas Bhanuteja, Jason Iskandar, Aaron Seeto, Afutami, Max Mandias, Luluk HF, Marsela Limesa, Sal Priadi, Sulaiman Said, Wening Hung, Marchella FP, Bapak2ID, Weining Hung, Zico Halim, dan masih banyak lagi.

ideafest 2021
©Ideafest 2021

Keseruan masih belum selesai. IdeaFest 2021 juga mempersembahkan program musik dengan menampilkan sederet musisi tanah air yaitu, Kunto Aji, Lomba Sihir, Basboi & Les Musik ft. Kamga, A. Nayaka, Kay Oscar, serta menghadirkan special performances dari 9 musisi yang berhasil terpilih dari program IdeaFest Music Camp.

Bersinergi dengan berbagai pelaku industri, IdeaFest turut dimeriahkan oleh presenting partner yaitu Pro Warriors yang membawa semangat pantang menyerah bagi generasi muda.

Selain itu, IdeaFest 2021 juga didukung oleh berbagai sponsor yang berpartisipasi pada penyelenggaraan tahun ini seperti PT. Indofood CBP Sukses Makmur melalui brand Indomie, Pop Mie, Indomilk, dan Chitato, Tbk, Danone Indonesia, Wardah, Ericsson, Durex (PT. Reckit Benckiser Indonesia), Unilever, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Penulis: TP Stella Maris

(mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami