Sulit Hilangkan Bau Pipis Kucing dari Bahan Kulit? Jajal Solusi Alami Ini

Sulit Hilangkan Bau Pipis Kucing dari Bahan Kulit? Jajal Solusi Alami Ini
©shutterstock
GAYA | 6 Mei 2021 13:00 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Rasa sayang pada kucingmu memang tidak perlu diragukan lagi. Tapi sulit untuk menghilangkan rasa gemas saat tahu barang-barang berbahan kulit favoritmu terkena pipis anabul.

Dari sofa, tas, sepatu, bahkan kursi mobil, jangan meratapi nasibmu apalagi nekat membuangnya. Tanpa perawatan yang rumit, barang-barang kulit favoritmu masih bisa diselamatkan dengan bahan alami.

Mulai Sesegera Mungkin

muezza baru
©shutterstock

Urin kucing dapat merusak bahan kulit dengan meninggalkan noda kering yang lama-kelamaan membuatnya kusut dan pecah-pecah. Sebaiknya, lakukan pembersihan secepat mungkin, sebelum urin meresap ke dalam kulit menggunakan tisu atau handuk bersih.

Serap sebanyak mungkin dan angin-anginkan di bawah sinar matahari langsung karena dapat membantu mengurangi aromanya yang menyengat. Bisa juga meninggalkan lembaran koran di atas kulit dan biarkan selama 2-3 jam atau ganti saat lembap.

Gunakan Produk Pembersih Kulit

muezza baru
©shutterstock

Ambil sikat atau kain dan bersihkan dengan lembut di area yang terkena urin. Aplikasikan produk pembersih kulit menggunakan handuk, oleskan dengan gerakan melingkar yang lembut. lalu bungkus dengan koran selama beberapa hari untuk menyerap bau urin.

Buka bungkusnya dan oleskan campuran air dan cuka untuk menetralkan bau yang tersisa dan menghilangkan nodanya. Biarkan benar-benar kering sebelum mengoleskan sedikit minyak kelapa ke area kulit yang kering. biarkan mengering secara alami untuk terakhir kalinya.

Membersihkan Sofa atau Kursi Mobil

muezza baru
©shutterstock

Kalau perawatan di atas lebih cocok untuk tas atau sepatu berbahan kulit, tapi untuk barang kulit yang ukurannya besar bisa menggunakan solusi alami dengan campuran air dan minyak esensial jeruk. Tinggal semprotkan ke area yang ternoda dan biarkan mengering, ulangi 2-3 kali.

Tepuk-tepuk area tersebut dengan handuk kering dan oleskan sedikit baking soda dan cengkeh di sekitar noda. Tinggalkan semalaman dan sedot menggunakan vacuum cleaner. Olesi dengan campuran minyak kelapa dan beberapa tetes minyak esensial, untuk mencegah kulit jadi pecah-pecah dan menyamarkan bau yang tertinggal. Simpan dalam wadah plastik selama sebulan atau lebih untuk membantu menghilangkan bau tak sedap dan mencegah kucingmu buang air di area yang sama.

muezza baru
©Muezza

Selama noda, warna, dan aromanya hilang, kamu bisa terbebas dari rasa khawatir ibadahmu akan terganggu. Jilatan kucing sendiri tidak najis, apalagi jika didukung dengan cat food yang halal seperti Muezza. Sudah mendapatkan sertifikasi dari The Central Islamic Committee of Thailand, kini tak perlu ragu memegang langsung cat food atau mencari lokasi penyimpanannya, hingga mencuci mangkuk makannya di tempat cuci piring.

Selain halal, brand makanan kucing kering ini juga membantu menjaga kesehatan anabul berkat kandungan nutrisi yang berasal dari bahan-bahan alami dan diolah dengan teknologi modern. Selain diformulasikan dengan kadar yang tepat, dry food ini bebas dari bahan tambahan sintetik yang buruk bagi hewan peliharaanmu. Ada 4 varian Muezza yang bisa dipilih sesuai selera makan kucing, dapatkan semuanya semudah belanja online di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami