Susul Jakarta, Sanur dan Kuta Siap Berlakukan Ganjil Genap di Destinasi Wisata

Susul Jakarta, Sanur dan Kuta Siap Berlakukan Ganjil Genap di Destinasi Wisata
Pantai Sanur, Bali. © Creative Commons/Magul
GAYA | 21 September 2021 20:03 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Setelah Jakarta menerapkan aturan ganjil genap untuk sejumlah tempat wisata uji coba, kini sejumlah Daerah Tujuan Wisata (DTW) Bali siap melakukan hal yang sama. Menurut Kasat Lantas Polresta Denpasar, Kompol Ni Putu Utariani, kebijakan tersebut akan mulai berlaku akhir pekan ini. Lebih tepatnya mulai 25 September 2021, lapor Antara (20/9/2021).

Peraturan ini berlaku secara khusus di akses daerah wisata pantai, dari Sanur hingga Kuta. "Ini berlaku pada hari Sabtu, Minggu, hari libur nasional, dan hari libur fakultatif," kata Kompol Ni Putu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ketentuan sistem ganjil genap ini berlaku untuk kendaraan roda empat dan roda dua dengan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) berwarna latar belakang hitam tulisan putih. Kendaraan yang diperbolehkan melintas pada tanggal ganjil adalah kendaraan dengan angka terakhir TNKB ganjil, dan berlaku sebaliknya pada tanggal genap.

Aturan ini tidak berlaku untuk kendaraan dengan TNKB berwarna dasar merah, TNKB berwarna dasar kuning, kendaraan dinas operasional TNI atau Polri, kendaraan kepentingan tertentu, dan kendaraan pengangkut logistik. Sebelumnya, Dinas Perhubungan Provinsi Bali telah menindaklanjuti arahan PPKM Level 3.

Pihaknya dijelaskan mengantisipasi serbuan turis, seiring pembukaan kembali sederet objek wisata di Pulau Dewata. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali IGW Samsi Gunarta mengatakan, kebijakan ganjil genap merupakan cara mengendalikan dan mengatur fluktuasi kunjungan DTW. Selain itu, kebijakan ini juga memastikan terjadinya pelonggaran secara bertahap, sehingga tidak terjadi kerumunan.

"Jika ada kendaraan dengan nomor akhir pelat tidak sesuai, akan diminta putar balik," katanya.

Baca Selanjutnya: Jakarta Juga Terapkan Aturan yang...

Halaman

(mdk/tsr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami