Tak Ingin Rambut Rusak? Hindari 6 Kesalahan dalam Menggunakan Hair Dryer Ini

Tak Ingin Rambut Rusak? Hindari 6 Kesalahan dalam Menggunakan Hair Dryer Ini
GAYA | 28 Mei 2020 05:03 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Penggunaan hair dryer untuk mengeringkan atau menata rambut memang sudah biasa. Suhu tinggi yang dimilikinya memang praktis untuk styling. Tetapi penggunaan hair dryer dengan cara yang salah juga bisa membuat rambut jadi rusak.

Tahukah Anda, kesalahan apa saja yang mungkin terjadi saat menggunakan hair dryer? Berikut ini beberapa di antaranya yang sudah kami rangkum dari artikel Bright Side.

1 dari 6 halaman

Hanya Menggunakan Suhu Tinggi

suhu tinggi rev3Ilustrasi hair dryer. ©Shutterstock

Umumnya, hair dryer memiliki pilihan pengeringan dengan suhu dingin dan suhu panas. Agar lebih cepat kering, kita kerap hanya menggunakan suhu panas saja. Padahal, suhu dingin di hair dryer membantu untuk mencegah penguapan berlebih pada rambut yang basah sehingga dapat tetap lembap.

Sebaiknya, keringkan rambut dengan suhu bergantian. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya rambut bercabang.

2 dari 6 halaman

Mengeringkan dari Ujung Rambut Terlebih Dahulu

ujung rambut terlebih dahulu rev3Ilustrasi hair dryer. ©Pixabay/RyanMcGuire

Proses pengeringan rambut harus dilakukan mulai dari akar, searah dengan pertumbuhan rambut. Jika dilakukan dengan arah sebaliknya, ini dapat berakibat kutikula (kulit lapisan luar rambut) terbuka dan menyebabkan rambut kusut. Pengeringan dengan arah yang benar dapat membantu membuat rambut lebih halus dan berkilau.

3 dari 6 halaman

Memegang Hair Dryer Terlalu Dekat

dryer terlalu dekat rev3Ilustrasi hair dryer. ©Shutterstock

Kita kerap tidak sadar untuk kesalahan ini. Mungkin Anda berpikir bahwa semakin dekat jarak hair dryer ke rambut, maka akan mempercepat proses pengeringan. Padahal, jarak yang terlalu dekat dapat membuat rambut lebih rapuh. Tak hanya itu, suhu panasnya juga dapat membuat kulit kita terbakar. Jarak yang direkomendasikan untuk penggunaan alat ini adalah 30 cm.

4 dari 6 halaman

Tidak Membagi Rambut

rambut rev3Ilustrasi hair dryer. ©Shutterstock

Hal ini juga jarang dilakukan oleh pengguna hair dryer. Seringkali kita mengeringkan seluruh rambut hanya dengan membolak balikkan hair dryer. Padahal, proses pengeringan dapat dipercepat dengan membagi rambut ke empat atau lima bagian. Anda bisa membagi rambut ke beberapa bagian dengan sisi vertikal (dahi ke leher) dan horizontal (telinga kiri ke kanan).

5 dari 6 halaman

Tidak Membersihkan Hair Dryer

hair dryer rev3Ilustrasi hair dryer. ©Pixabay

Pernahkah Anda membersihkan alat pengering rambut? Jika belum, maka Anda harus segera melakukannya. Kotoran dalam hair dryer tidak hanya dapat merusak alat, tapi rambut Anda juga.

Lubang angin yang terisi debu dan kotoran akan menghambat jalur udara dan meningkatkan suhu di dalamnya sehingga alat dan rambut lebih mudah rusak. Bersihkan hair dryer dua minggu sekali jika Anda menggunakannya setiap hari.

6 dari 6 halaman

Melupakan Vitamin Rambut

rambut rev3Ilustrasi vitamin rambut. ©Shutterstock

Pengeringan instan dengan memaparkan suhu panas ke rambut pasti akan berdampak pada rambut, sekecil apapun itu. Alangkah baiknya jika Anda dapat mencegah kerusakan sebelum terjadi dengan menggunakan vitamin atau produk pelindung panas untuk rambut.

Jika Anda memiliki rambut yang mudah berminyak, pilih produk yang mengandung alkohol. Sebaliknya, jika rambut Anda adalah tipe yang kering, pilihlah produk yang mengandung minyak agar bisa lebih melembapkan. Gunakan produk ini sebelum Anda menggunakan hair dryer.

Demikian berbagai kesalahan yang mungkin terjadi saat penggunaan hair dryer. Jangan diteruskan jika tak ingin rambut mudah rusak.

Reporter: Novi Thedora/Asnida Riani
Sumber: Liputan6.com (mdk/tsr)

Baca juga:
Double Cleansing Buat Rambut, Pentingkah Dilakukan?
Coba Avocado Oil untuk Perawatan Rambut
8 Herba yang Diakui Paling Manjur untuk Kesuburan Rambut
Atasi Ketombe dan Berbagai Masalah Rambut Lainnya dengan Masker Apel
Perbaiki Kondisi Rambut Rusak dalam Semalam dengan Masker Madu dan Zaitun

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Putar Otak Bisnis Ritel Hadapi Corona

5