Takut Jerawatan? Hindari Sunscreen dengan Bahan-Bahan Ini

Takut Jerawatan? Hindari Sunscreen dengan Bahan-Bahan Ini
Ilustrasi tabir surya. ©Shutterstock
GAYA | 31 Agustus 2021 15:01 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Sunscreen merupakan produk kecantikan yang penting untuk melindungi kulit. Walaupun khasiat utamanya bukan menjadikan kulit glowing atau cerah, produk yang satu ini berperan besar dalam melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan pengaruh buruk sinar ultraviolet.

Namun tidak jarang konsumen yang mengeluhkan jerawat setelah rutin menggunakan sunscreen. Padahal bahan aktif SPF yang terkandung di dalam sunscreen tidak bisa memicu jerawat. Jadi, apa yang salah?

Jerawat kerap muncul karena pori-pori yang tersumbat. Nah, ada beberapa bahan bersifat comedogenic yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan penumpukan kotoran yang mungkin terdapat dalam merek sunscreen tertentu.

Berikut beberapa kandungan di dalam sunscreen yang berpotensi menyumbat pori-pori dan perlu kamu hindari dalam sunscreen.

2 dari 3 halaman

Comedogenic Oil dan Butter

Dua bahan ini paling umum ditemukan dalam tabir surya. Mineral dan silikon membuat kulit gampang berkeringat. Keringat dan kotoran tersebut nantinya dapat terperangkap dalam pori-pori yang justru menyebabkan breakout.

Benzophenones

Jenis filter UV ini banyak ditemukan dalam sunscreen berbentuk krim dan lotion. Biasanya juga tertulis dengan nama oxybenzone dan avobenzone.

3 dari 3 halaman

PABA dan Bahan Kimia Lainnya

Beberapa bahan seperti para- aminobenzoic acid (PABA) dan methoxycinnamate juga bisa menimbulkan jerawat terutama bagi kulit sensitif dan rentan berjerawat. Kedua bahan ini biasa ditemukan dalam sunscreen yang tahan air.

Beeswax

Beberapa kulit mungkin bisa menoleransi bahan ini. Namun, beberapa lainnya yang berkulit sensitif dan rawan jerawat justru sangat rentan terkena jerawat jika terkena bahan-bahan seperti ini.

Sumber: Fimela.com/Beauty Journal

(mdk/tsr)

Baca juga:
Apakah Tabir Surya Juga Bisa Kadaluwarsa? Ini Penjelasannya
Apakah Makeup dengan SPF Cukup untuk Lindungi Kulit dari sinar UV?
Pemerintah Hawaii Larang Pemakaian 2 Jenis Tabir Surya di Area Pantai
Hindari pemakaian tabir surya demi kesehatan kulit anda
Efek buruk dari krim tabir surya yang tidak kamu ketahui sebelumnya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami