Advertorial

Tepung Tapioka dan Tepung Maizena, Apa Saja Bedanya?

Tepung Tapioka dan Tepung Maizena, Apa Saja Bedanya?
GAYA | 4 Juni 2020 07:00 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Tak sekadar hobi, memasak termasuk salah satu kegiatan yang dapat membawa dampak positif buat kamu. Terlebih bila berhasil membuat sebuah hidangan masterpiece dengan cita rasa yang memanjakan lidah. Tentu bikin bangga dan bahagia! Namun untuk membuat masakan yang nikmat, mesti lebih cermat dalam mengenali bahan-bahan ya, misalnya mengetahui perbedaan Tepung Tapioka dan Tepung Maizena. Biar tahu persis seperti apa karakternya, ketahui lebih dalam yuk tentang perbedaan keduanya.

Tepung Tapioka

tepung tapioka dan tepung maizena apa saja bedanya

┬ęshutterstock

Biasa juga disebut tepung kanji, tepung tapioka dibuat dari bahan dasar singkong. Sifatnya lebih padat dan lengket apabila dibandingkan dengan tepung maizena. Kandungan utama yang terdapat di dalam tepung tapioka adalah karbohidrat dengan kadar rendah protein, lemak jenuh, dan sodium. Sebenarnya ada juga kandungan vitamin dan mineral, tapi tidak terlalu signifikan.

Seringnya, tepung tapioka dimanfaatkan sebagai bahan perekat. Ada banyak sekali makanan yang menggunakan bahan dasar tapioka, seperti kerupuk, pempek, bakso, dan lain sebagainya. Kemudian biasa juga dijadikan bahan campuran kue, seperti kue lapis atau mochi. Kalau di Jawa Barat, tepung ini bakal digemari sekali apabila sudah diolah menjadi cimol, cireng, cilok, cilung, dan batagor.

Tepung Maizena

tepung tapioka dan tepung maizena apa saja bedanya

┬ęshutterstock

Kalau tepung maizena dibuat dari bahan dasar jagung sehingga lebih akrab dan sering disebut dengan tepung jagung. Biasanya dimanfaatkan untuk memasak, tapi sebenarnya maizena memiliki beragam kegunaan lain. Misalnya saja untuk membuat kue, pengental makanan atau sup, hingga pelapis makanan supaya renyah.

Dilihat dari tekstur, tepung maizena terasa lebih kesat di tangan sehingga mudah dipegang dibanding tepung tapioka. Sedangkan dari segi warna sendiri, tepung maizena berwarna pucat kekuning-kuningan dibandingkan dengan tepung lain, seperti tepung terigu atau tepung tapioka. Bicara soal kandungan, tepung maizena memiliki baragam nutrisi vitamin dan mineral seperti Vitamin A, B1, B2, B3 hingga Vitamin C, kalsium, fosfor dan kalium.

Sudah paham betul perbedaan tepung tapioka dan tepung maizena? Kini waktunya untuk melengkapi beragam bahan yang dibutuhkan untuk berkreasi di dapur. Tak perlu bingung karena kamu bisa mendapatkannya di Tokopedia. selain tepung tapioka dan tepung maizena, di Tokopedia kamu juga bisa menemukan beragam Sembako dan kebutuhan lainnya dengan harga terjangkau. Buktikan sendiri yuk, karena semua #MulaiAjaDulu di Tokopedia! (mdk/boo)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5