Ternyata ini fungsi tempelan segi empat di tas ransel anda

GAYA | 4 Mei 2017 20:40 Reporter : Yulistyo Pratomo

Merdeka.com - tas ransel telah menjadi bagian hidup sehari-hari, mulai dari anak sekolah hingga pekerja kantor kerap kali membawa benda ini. Saat membawa tas, mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa sih fungsi tempelan berbentuk ketupat segi empat di bagian depan.

Kotak segi empat ini kebanyakan terbuat dari kulit binatang, atau setidaknya dibuat dari bahan lain namun warnanya dibuat cokelat. Tempelan itu terdiri dua lubang utama yang bersebelahan.

Dilansir Business Insider, Kamis (4/5), kotak persegi itu ternyata bernama lash tab, atau nama lainnya pig snout alias moncong babi. Tidak sedikit yang menganggap keberadaannya membuat tas agar terlibat lebih keren, padahal tidak cuma itu lho.

Ada beberapa fungsi, tujuannya untuk memudahkan pemilik tas dalam membawa barang-barang miliknya.

Tidak semua barang bisa dimasukkan ke dalam tas, apalagi benda-benda tajam semacam pisau atau sesuatu yang bisa terlilit di dalamnya.

Nah, fitur ini memiliki fungsi tambahan. Yaitu untuk membawa barang-barang itu bisa dibawa tanpa harus membawa tas lain.

Dengan dua lubang, sepasang sepatu bisa digantung dengan cara mengikat talinya melalui lubang-lubang tersebut.

Selain sepatu, tempat minum, earphone, sampai senter juga bisa digantung di bagian ini. Lash tab juga biasa diaplikasikan pada alat pelampung untuk menggantungkan pisau, peluit, dan alat lainnya.

Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang gemar memanjat tebing atau pendaki gunung.

Dalam beberapa tahun lalu, fitur ini makin populer dengan naiknya brand tas ransel Herschel, di mana fitur tersebut ditampilkan secara mencolok di bagian depan.

"Sebenarnya, itu dibuat untuk membawa kapak es," ungkap salah satu pendiri Herschel kepada Today. Tetapi saat ini "kembali ke masa lalu, untuk memberi hormat kepada tas alpine tua yang memilikinya."

(mdk/tyo)

TOPIK TERKAIT