Kadang Lip Balm Bisa Perburuk Kondisi Bibir Pecah-Pecah, Ini Sebabnya

Kadang Lip Balm Bisa Perburuk Kondisi Bibir Pecah-Pecah, Ini Sebabnya
Ilustrasi bibir kering. © StyleCraze
GAYA | 26 Januari 2021 19:32 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Saat bibir kering, terasa ketat, dan pecah-pecah, mengoleskan lip balm tampaknya menjadi solusi terbaik. Namun tak selamanya lip balm bisa menjadikan bibir lembap dan lembut. Dalam beberapa kasus, penggunaan lip balm justru menyebabkan kondisi bibir kering semakin parah. Jika pemakaian dilanjutkan, bibir bahkan bisa mengelupas dan pecah-pecah.

Menurut ahli dermatologi, Leslie Baumann, MD., beberapa merek lip balm justru mengandung bahan yang bisa mengeringkan kulit. "lip balm dengan humektan seperti hyaluronic acid dan gliserin menjadikan kondisi bibir semakin buruk," tuturnya seperti dilansir StyleCaster.

"Bahan-bahan ini menarik keluar kelembapan dari kulit, terutama di lingkungan yang kering, dan kemudian cairan pelembap tersebut menguap."

Hyaluronic acid dan gliserin biasanya digunakan sebagai salah satu bahan untuk produk perawatan kulit. Saat diterapkan pada wajah, bahan-bahan ini tidak menyebabkan kekeringan karena dikombinasikan dengan agen oklusif yang berfungsi sebagai penghalang agar kelembapan tidak keluar dari permukaan kulit. Contoh bahan-bahan yang bertindak sebagai agen oklusif antara lain lilin lebah, shea butter, dan berbagai minyak tumbuhan maupun hewani.

Baca Selanjutnya: Humektan Perlu Diikat Agen Oklusif...

Halaman

(mdk/tsr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami