Tips Ampuh Hentikan Kebiasaan Kucing Makan Selotip

Tips Ampuh Hentikan Kebiasaan Kucing Makan Selotip
credit via shutterstock
GAYA | 6 Maret 2021 07:00 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Kucing yang menyukai tuna, salmon, atau ikan laut lainnya itu sajar. Tapi selotip? Banyak pemilik kucing yang mengeluhkan perilaku aneh anabulnya yang memainkan, bergulung, mengunyah, hingga memakannya.

Bahkan, tak jarang kamu harus menyembunyikan apa pun yang memiliki selotip dari kejaran kucingmu. Bisa berbahaya bagi kesehatan saluran cernanya, cegah sebelum terlambat dengan tips-tips jitu ini.

Alasan Kucing Memakan Selotip

muezza baru
©shutterstock

Ada berbagai alasan mengapa kucing memakan selotip. Beberapa kucing menyukai bau perekat, rasa lem, hingga teksturnya yang mendorong anabul untuk memakannya. Selain itu, ada juga perilaku kucing memakan benda-benda aneh selain makanan yang dikenal dengan pica. Beberapa penyebabnya bisa berasal dari faktor genetika, kebosanan, kekurangan nutrisi, gangguan kesehatan, atau dipisahkan dari induknya terlalu dini.

Bahaya Memakan Selotip

muezza baru
©shutterstock

Kebiasaan ini bisa sangat berbahaya bagi kucing karena selotip dapat tersangkut di saluran pencernaannya. Jenis penyumbatan benda asing ini biasanya memerlukan pembedahan berbiaya mahal. Dalam beberapa kasus, kondisinya bisa membahayakan hidupnya jika tetap berada di dalam kucing.

Amati tanda-tandanya seperti muntah, diare, nyeri pada perut, dan penurunan nafsu makan. Selain itu, masalah kesehatan lainnya yang bisa dipicu oleh selotip yang berpotensi mengandung bahan beracun dan membuat kesehatan kucing terganggu.

Cegah Kucing Makan Selotip

Untuk menghentikan kucing memakan selotip, amankan semua barang yang memiliki perekat dari jangkauannya. Jika ingin memberikan kotak atau tas kertas sebagai mainan anabul, pastikan sudah melepas lakban agar kucing tidak berisiko melepaskan dan kemudian menelannya.

Kalau meyakini kebiasaan aneh ini dipicu oleh rasa bosan, berikan sesuatu yang lain untuk dikunyah dan dimakan atau aktivitas baru yang menantang naluri alaminya untuk berburu. Buat kucing tetap terstimulasi baik fisik maupun mental dengan memiliki banyak mainan yang aman dan menjadwalkan sesi bermain yang rutin bersamanya.

Terakhir, miliki jadwal rutin konsultasi ke dokter hewan untuk memastikan tidak ada gangguan kesehatan yang mendorongnya melakukan kebiasaan berbahaya ini. Soal kekurangan nutrisi, atasi dengan menyediakan brand makanan kucing kering yang terjamin sehat seperti Muezza.

muezza baru
©muezza

Terbuat dari bahan alami yang diolah dengan teknologi modern, cat food ini melibatkan ahli nutrisi untuk mendapatkan formulasi makanan yang tepat dengan kadar yang seimbag. Bebas dari bahan sintetik tambahan, Muezza kian unggul berkat sertifikasi halal yang didapat dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Kucing jadi lebih sehat, pemiliknya pun bebas cemas saat memegang makanannya, terkena air liur saat membelainya, hingga membersihkan wadah makannya di tempat cuci piring. Muezza memiliki 4 varian rasa lezat seperti Tuna, Ocean Fish, Mackerel, dan Salmon yang bisa didapatkan dengan mudah di Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami