Tips melindungi rambut dari sengatan matahari

GAYA | 19 September 2012 12:06 Reporter : Kun Sila Ananda

Merdeka.com - Jika sinar matahari saja bisa menyebabkan kanker kulit, maka bayangkan apa yang bisa dilakukan sinar matahari pada rambut Anda. Sinar matahari jahat bisa menyerap semua nutrisi di rambut dan kulit kepala.

Dr Nipun menjelaskan bahwa sinar matahari terdiri atas dua jenis, yaitu UVA dan UVB. Keduanya bisa merusak rambut dan membuatnya berubah menjadi putih, kering, serta susah diatur.

Lalu bagaimana cara melindunginya? Health Me Up (18/09) memberikan beberapa tips berikut ini.

1. Gunakan topi dengan bagian pinggir yang lebar, atau payung untuk melindungi rambut Anda dari sinar matahari secara langsung. Jika Anda ingin melakukan kegiatan di bawah matahari dalam waktu yang lama, gunakan saja topi.

2. Kucir atau kepang rambut Anda. Semakin sedikit rambut yang terkena sinar matahari secara langsung, semakin sedikit pula kemungkinan rambut yang rusak.

3.Cari produk perawatan rambut yang mengandung SPF atau bahan lain yang bisa melindungi rambut Anda.

4. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya pada kulit kepala ketika Anda berencana melakukan kegiatan di bawah sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama. Tak perlu menggunakan tabir surya pada seluruh kulit kepala, namun hanya pada bagian kulit kepala yang terbuka.

5. Minum banyak air ketika berada di luar atau terkena matahari secara langsung. Selain mencegah dehidrasi, air juga akan memberikan asupan cairan yang cukup bagi rambut.

Itulah lima cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi rambut dari sengatan sinar matahari secara langsung. Selain langkah di atas, pastikan Anda juga menggunakan sampo dan kondisioner yang mengandung vitamin, mineral, serta SPF yang selalu melindungi kesehatan rambut Anda. (mdk/kun)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.