Tolong, Kucingku Tanpa Sengaja Meminum Kopi!

Tolong, Kucingku Tanpa Sengaja Meminum Kopi!
©shutterstock
GAYA | 23 April 2021 00:00 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Memulai pagi dengan secangkir minuman hangat yang mengandung kafein? Tak sedikit catlover yang terbiasa mengkonsumsi kopi di pagi atau sore hari, untuk menghilangkan kantuk dan memberikan ekstra semangat dalam beraktivitas. Tapi hati-hati, kucing yang meminum kopi atau memakan serbuk maupun biji kopi yang berceceran dapat mengalami gangguan kesehatan.

Ini Alasan Kopi Buruk Bagi Kucing

muezza baru
©shutterstock

Faktanya, kucing yang minum kopi atau menelan biji maupun bubuk kopi, dapat mengalami masalah kesehatan yang cukup serius.Pertama-tama, tidak ada manfaat nutrisi dari konsumsi kopi, juga berlaku pada makanan dan minuman lain yang juga mengandung kopi di antara bahan-bahannya.

Kandungan kafein di dalam minuman favoritmu ini bersifat stimulan. Artinya, jika kucing mengonsumsi kopi, detak jantungnya akan meningkat. Selain bertindak hiperaktif dan gelisah, kopi juga dapat membuat anabulmu merasa perlu untuk terus mengeong dan bersuara.

Kenali Gejalanya

muezza baru
©shutterstock

Hanya dengan konsumsi 4,5 miligram per kilogram kafein, gejala-gajala ini bisa terlihat setelah 30 menit usai meminum kopi. Selain cenderung lebih aktif dan cerewet, kenali juga beberapa efek yang ditunjukkan setelah kucing meminum atau memakan kopi. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan aritmia jantung, yang bisa berbahaya.

Hewan peliharaanmu juga bisa kehilangan kendali otot dan mengalami kejang, muntah sebagai reaksi alami tubuh untuk menghilangkan sebagian toksin dari tubuh, diare, hingga lebih sering buang air kecil. Kucing yang memakan terlalu banyak kafein pun dapat mengalami demam dan menjadi lemah. Dalam kasus yang parah, anabulmu bisa pingsan atau koma, bahkan terancam mati.

Lebih Sensitif pada Kafein

muezza baru
©shutterstock

Kucing memang lebih sensitif terhadap kafein dibandingkan manusia. Sekadar mencicipi kopi atau minuman berkafein lainnya bisa berdampak buruk bagi kebanyakan hewan peliharaan. Selain gejala-gejala menyakitkan yang dapat berlangsung hingga 12 jam atau lebih, kandungan gula di dalam berbagai produk berkafein juga dapat menyebabkan kerusakan pada pankreasnya.

Jika mengetahui kucingmu telah mengonsumsi kopi, penting untuk diperhatikan berapa banyak kopi yang telah dicerna oleh anabul. Kalau hanya sedikit dan ada kandungan susu di dalamnya, kebanyakan hewan peliharaan akan baik-baik saja. Pastikan untuk memantau kucingmu untuk melihat adanya gejala yang memburuk dan butuh pertolongan dari dokter hewan.

muezza baru
©Muezza

Hati-hati, kebiasaanmu minum kopi ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan kucing jika tanpa sengaja tertelan olehnya. Bujuk anabul yang sudah mulai mendekati minumanmu dengan cat food favoritnya, Muezza. Selain memiliki aroma yang tajam dan 4 varian rasa yang disukai hewan peliharaanmu, brand makanan kucing kering ini juga mengandung beragam nutrisi penting.

Membantu menjaga kesehatan anabul, pemilik kucing pun tak perlu ragu memilih Muezza sebagai cat food harian. Sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, miliki kebebasan memegang dry food, mencari lokasi penyimpanan, hingga memanjakan kucing tanpa was-was terjilat. Tunggu apalagi sediakan selalu stoknya di rumah dengan memesan Muezza di marketplace andalanmu seperti Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami