Trik Menata Ruang Tamu Sempit agar Lebih Cozy dan Homey

Trik Menata Ruang Tamu Sempit agar Lebih Cozy dan Homey
Trik Menata Ruang Tamu Sempit agar Lebih Cozy dan Homey. ©Shutterstock
GAYA | 5 Januari 2022 14:27 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Ruang tamu menjadi salah satu elemen penting dalam sebuah rumah. Ruangan yang satu ini dapat menciptakan first impression bagi yang berkunjung ke dalam rumah, karena menjadi ruangan yang pertama kali diakses ketika memasuki sebuah rumah.

Namun, jadi tantangan tersendiri ketika memiliki rumah dengan lahan terbatas yang membuat space ruang tamu pun jadi minimalis. Tapi, bukan berarti nggak ada cara untuk menciptakan kesan ruang tamu yang cozy dan homey bahkan dengan lahan minim sekalipun. Beberapa trik berikut ini bisa dicoba, lho.

2 dari 6 halaman

Pilih Model Sofa yang Tepat

trik menata ruang tamu sempit agar lebih cozy dan homey

©Shutterstock

Hal pertama yang wajib diperhatikan ketika menata ruang tamu yang sempit adalah furnitur yang digunakan, terutama sofa. Jadi salah satu elemen yang menghidupkan ruang tamu, pemilihan sofa yang tepat sangat diperlukan untuk menciptakan ruang tamu yang terkesan nyaman dan homey. Jika terlalu besar atau model yang kurang pas, jelas bisa membuat ruang tamu jadi terlihat lebih penuh.

Demi memberikan kesan ruang tamu minimalis yang tetap cozy, beberapa rekomendasi sofa yang bisa dicoba adalah sofa kecil 2 seater yang dapat mempercantik space minimalis di rumah. Selain itu, sofa model L atau sofabed juga bisa menjadi pilihan furnitur yang menghiasi rumah.

3 dari 6 halaman

Gunakan Sentuhan Warna Netral untuk Ruang Tamu Minimalis

trik menata ruang tamu sempit agar lebih cozy dan homey©Shutterstock

Tahu nggak kalau pemilihan warna cat ternyata sangat mempengaruhi impresi pada ruangan di rumah? Nggak terkecuali pada ruang tamu juga. Jika memiliki space minimalis, pastikan gunakan warna netral seperti putih, creme, atau abu-abu terang yang dapat memberikan kesan lebih luas sekaligus cozy.

Hindari pemilihan warna bold yang malah bikin ruangan jadi makin sempit. Jangan lupa perhatikan pemilihan gorden ruangan sesuai dengan warna cat yang dipilih agar bisa terlihat harmonis.

4 dari 6 halaman

Jendela Ukuran Besar untuk Maksimalkan Cahaya Alami

trik menata ruang tamu sempit agar lebih cozy dan homey©Shutterstock

Ini dia salah satu trik ampuh untuk membuat ruangan yang sempit jadi terkesan cozy dan homey. Penggunaan jendela yang besar dapat memaksimalkan masuknya cahaya alami di dalam ruangan, sehingga ruang tamu bisa terlihat lebih terang dan nyaman.

Agar makin estetik, kamu juga bisa membuat desain jendela unik yang mempercantik ruangan. Jangan lupa sesuaikan juga desain jendela dengan furnitur yang ada di dalam ruangan, seperti sofa, rak tv, hingga meja ruang tamu agar interiornya semakin terlihat menawan.

5 dari 6 halaman

Percantik dengan Tanaman Indoor

trik menata ruang tamu sempit agar lebih cozy dan homey©Shutterstock

Ruang tamu minimalis memang membuat penghuninya harus membatasi barang yang ada di dalam rumah. Tapi, jangan biarkan space kosongnya terlihat monoton. Kamu bisa mempercantik ruangan tersebut dengan tanaman indoor, lho.

Pilih tanaman indoor yang bisa hidup dengan minim cahaya matahari. Selain itu, sesuaikan juga ukuran tanaman dengan space yang tersedia di dalam ruangan. Sentuhan warna hijau bisa memberikan kesan interior yang terlihat fresh dan lebih menarik.

6 dari 6 halaman

Pemilihan Furnitur untuk Melengkapi Ruangan

trik menata ruang tamu sempit agar lebih cozy dan homey©Shutterstock

Ini dia salah satu hal yang sering jadi kegalauan para pemilik ruang tamu minimalis. Furnitur apa saja sih yang sebaiknya digunakan untuk mengisi ruangan tersebut?

Supaya ruang tamu nggak terkesan penuh, hindari menempatkan terlalu banyak barang di ruangan. Satu sofa dan meja kecil saja sudah cukup untuk memudahkan pergerakan orang-orang yang berkunjung ke rumahmu. Selain itu, pilih furnitur senada yang dapat memberikan kesan estetik pada ruang tamu. Misalnya saja perabotan dengan konsep black and white yang memberikan kesan minimalis yang apik.

Itu tadi beberapa tips yang bisa digunakan untuk menata ruang tamu sempit agar semakin cozy dan homey. Jangan lupa untuk memilih perabotan berkualitas yang nggak hanya cantik, tapi juga awet agar bisa bertahan mempercantik rumah dalam waktu yang lama. Selain itu, bersihkan ruangan dari debu secara teratur untuk memberikan kesan nyaman dan bikin orang-orang yang berkunjung jadi semakin betah.

(mdk/wri)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami