Tunjukkan Kecintaan pada Batik Kesayanganmu Melalui Challenge #MudaBanggaBerbatik

Tunjukkan Kecintaan pada Batik Kesayanganmu Melalui Challenge #MudaBanggaBerbatik
MudaBanggaBerbatik. ©2021 Merdeka.com
GAYA | 15 Oktober 2021 21:10 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Salah satu budaya khas Indonesia yang bisa disebut sebagai ciri khas kita di mata dunia adalah kain Batik. Pada saat ini, hampir semua daerah di Indonesia memiliki motif batik tersendiri yang menjadi ciri khas dari daerah mereka.

Kain batik sendiri juga bisa kita manfaatkan menjadi berbagai macam hal dalam kehidupan kita sehari-hari. Mulai menjadi pakaian, seprai, serta berbagai hal di sekitar kita, batik sangat mudah dijumpai dan bisa dimanfaatkan.

Pengakuan terhadap batik sebagai ciri khas bangsa Indonesia ini juga diberikan oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO). Pengakuan ini dilakukan pada tanggal 2 Oktober 2019 melalui sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Non-bendawi yang mendaftar batik sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Non-bendawi. Pengakuan ini yang membuat setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

mudabanggaberbatik
©2021 Merdeka.com

Peringatan Hari Batik Nasional pada bulan Oktober ini menjadikan sekarang menjadi sangat tepat untuk menggunakan kembali batik kesayangan kita. Nah, dalam menunjukkan kebanggaan berbatik ini, kamu juga bisa mengikuti challenge #MudaBanggaBerbatik untuk memamerkan pada lebih banyak orang tentang batik andalanmu.

Caranya cukup mudah, kamu bisa langsung mengikutinya dengan cara berikut ini:

1. Upload foto atau video kamu yang pakai batik di Instagram Feed/Reels
2. Ceritakan di caption tentang batik yang kamu pakai (beli di mana, kenalin batik jenis apa yang kamu pakai) dan pilih ingin dapat hadiah yang A atau B
3. Mention sama tag salah satu akun berikut: @merdekadotcom, @kapanlagicon, @liputan6 dan @fimeladotcom. Tuliskan juga #MudaBanggaBerbatik
4. Periode challenge 12 - 31 Oktober
5. Akun jangan di-private/digembok

Terdapat dua paket hadiah yang bisa kamu peroleh dari kompetisi ini. Kamu bisa memenangkan paket untuk membuat konten atau paket untuk belajar. Menggiurkan sekali kan?!

Jangan sampai kelewatan kesempatan berharga ini. Kamu bisa memenangkan jutaan Rupiah sambil menunjukkan batik andalanmu dengan pose paling kreatif yang bisa kamu pikirkan.

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami