Yuk, Datang ke Festival Toboali City on Fire

GAYA » BANYUWANGI | 23 Juli 2019 11:15 Reporter : Mega Rachmawati

Merdeka.com - Festival Toboali City on Fire (TCOF) di Bangka Belitung kembali digelar pada 25 hingga 28 Juli 2019. Wisatawan dijamin bakal disuguhkan beragam kegiatan. Perlu dicatat tanggalnya, karena ada 16 acara unggulan yang akan disajikan

"TCOF menjadi festival yang bakal seru untuk disinggahi. Rangkaiannya sangat lengkap. Festival ini akan membawa wisatawan menyelami sisi lain keindahan Bangka Selatan. Apalagi TCOF pun telah masuk dalam 100 Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata (Kemenpar)," kata Ketua Tim Kurator CoE Kemenpar, Don Kardono, Minggu (21/7).

Menjadi penyelenggaraannya yang keempat, TCOF akan dibuka pada Kamis (25/7) malam.

Festival Toboali City on FireĀ©2019 Merdeka.com

Pada hari pertama, (25/7), wisatawan bisa menyaksikan acara parade budaya, Toboali Photo Competition, serta Pameran foto. Dan yang tentunya tak boleh terlewatkan adalah Ritual Adat Buang Jung berupa melepaskan perahu ke laut.

Di hari kedua wisatawan akan disuguhi acara menarik berupa Food Vlog Competition serta Toboali Expo 2019. Acara ini menjadi acara yang menarik untuk berburu berbagai produk unggulan dari Bangka Belitung.

Pelaksanaan acara di hari ketiga pun tak kalah menariknya. Untuk pencinta kuliner sudah disiapkan Toboali Food Street Festival. Ada juga Zumba Party untuk wisatawan pencinta sport tourism. Habang Band Festival dan Bikepacker Tour de Habang pun siap disuguhkan untuk memanjakan wisatawan di hari ketiga.

Acara pun makin heboh di hari keempat. Di hari terakhir ini akan dilaksanakan Famtrip, Ngalak Telok Serujo 2019, Fashion Carnival, dan malam puncak menampilkan artis-artis ibukota.

Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management CoE Esthy Reko Astuty pun meyakini jika rangkaian yang disuguhkan TCOF season 4 ini akan maksimal. Festival ini akan membawa wisatawan semakin menikmati berwisata di Bangka Belitung. Apalagi deretan acara yang dihadirkannya sangat lengkap.

"Biar makin asik berwisatanya, silahkan cek jadwal acara yang telah disiapkan. Biar acara yang akan diikuti tidak terlewatkan. Karena yang ditawarkan di event ini sudah pasti akan berbeda dengan event-event lainnya. Silahkan sesuaikan jadwal Anda," kata wanita berkerudung itu.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati pun yakin jika TCOF Season 4 akan meriah. Apalagi Bangka Belitung telah didukung denganaksesibilitas yang luar biasa. Ada Bandara Depati Amir yang telah disinggahi penerbangan dari berbagai kota di Indonesia.

"Amenitasnya pun tak perlu diragukan. Di mesin pencari Google saja sudah ada 191 hotel dan penginapan yang ada di Bangka. Dari mulai hotel berbintang sampai homestay. Jadi tak perlu bingung, wisatawan tinggal sesuaikan dengan bujet yang ada," kata Dessy.

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, TCOF menjadi bukti keseriusan Bangka Belitung mengangkat sektor pariwisatanya. Dengan festival ini sektor pariwisata Bangka Belitung makin berakselerasi dengan cepat.

Menurut pria yang ahli marketing ini, potensi Bangka Belitung jelas menjadi perhatian siapapun yang berkunjung. Kecantikannya luar biasa. Hamparan pantai yang indah mampu membuat wisatawan terpesona. Terlebih keberadaan bebatuan granit raksasa membuat kawasan ini semakin eksotis. Begitu juga keberadaan pulau-pulau kecil di sekitarnya yang juga memiliki pesona tersendiri.

"Siapa pun pasti terpukau dengan keindahan Bangka Belitung. Makanya festival ini jangan sampai terlewatkan. Dan jangan lupa mampir ke KEK Tanjung Kelayang biar makin seru liburannya," kata Menteri asal Banyuwangi itu.

(mdk/hrs)

TOPIK TERKAIT