10 Manfaat Tanaman Gendola bagi Kesehatan, Lancarkan Pencernaan hingga Cegah Anemia

10 Manfaat Tanaman Gendola bagi Kesehatan, Lancarkan Pencernaan hingga Cegah Anemia
tanaman gendola. amazon.in
JABAR | 30 Oktober 2020 15:15 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Gendola atau dikenal dengan nama Bayam Malabar adalah salah satu jenis sayuran bergizi dan mudah ditanam. Sayuran ini dapat dengan mudah kita temukan di wilayah Asia dan Afrika. Sayuran sehat ini memiliki banyak nama umum, di antaranya Basella alba, bayam anggur, bayam panjat, dan bayam anggur merah.

Bayam Malabar adalah tanaman merambat bertangkai lunak dan mampu tumbuh dengan cepat. Tanaman ini mampu tumbuh hingga mencapai panjang 30 kaki. Basella alba bisa tumbuh menjadi dua macam warna, yaitu merah atau hijau.

Gendola sering disajikan dalam sup dan dapat membantu mengentalkan tekstur pada berbagai makanan. Di beberapa daerah, tanaman ini juga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan kari.

Dalam masakan Cina, gendola biasanya digunakan dalam tumisan, sup, atau hidangan lainnya. Sedangkan dalam budaya lain, Bayam Malabar sering dikombinasikan dengan daging kepiting untuk membuat sup.

Selain dapat diolah menjadi hidangan lezat, gendola juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tanaman ini terbukti memiliki beberapa sifat antioksidan dan mengandung banyak vitamin dan mineral.

Gendola mengandung vitamin C, vitamin A, kalsium dan, zat besi. Tumbuhan ini juga rendah kalori dan memiliki jumlah protein yang tinggi serta menjadi sumber serat larut yang bagus. Melansir dari Smart Supplements Guide, berikut beberapa manfaat tanaman gendola bagi kesehatan tubuh.

Baca Selanjutnya: Meningkatkan Pencernaan...

Halaman

(mdk/ank)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami