10 Manfaat Taoge bagi Kesehatan, Turunkan Berat Badan hingga Tingkatkan Imunitas

10 Manfaat Taoge bagi Kesehatan, Turunkan Berat Badan hingga Tingkatkan Imunitas
ilustrasi taoge. servingjoy.com
JABAR | 5 September 2020 17:00 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Anda pasti sudah familiar dengan sayuran taoge. Taoge sering kita jumpai pada sajian makanan seperti gado-gado, pecel, soto, atau makanan lainnya.

Taoge merupakan biji-bijian yang dibiarkan tumbuh menjadi kecambah. Proses menjadi kecambah ini biasanya dimulai dengan benih yang direndam selama beberapa jam. Benih yang direndam kemudian dipaparkan pada kombinasi suhu dan kelembapan yang tepat dan dibiarkan tumbuh selama beberapa hari hingga tumbuh kecambah.

Manfaat taoge mungkin lebih sering dikaitkan dengan kesuburan pria. Namun selain itu, taoge juga memiliki manfaat yang lebih luas, mulai dari mencegah penuaan dini, menurunkan berat badan, hingga dapat meningkatkan imunitas.

Berikut beberapa manfaat taoge bagi kesehatan, yang dilansir dari food.ndtv.com.

2 dari 8 halaman

Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan
©2012 Merdeka.com


Manfaat taoge yang pertama untuk membantu menurunkan berat badan. Taoge adalah salah satu makanan terbaik untuk membantu menurunkan berat badan. Sayuran ini kaya nutrisi tetapi memiliki kalori yang dapat diabaikan. Ini berarti Anda dapat mengonsumsi taoge tanpa mengkhawatirkan berat badan Anda.

Selain itu, taoge mengandung banyak serat yang membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Taoge juga dapat menghambat pelepasan ghrelin, yaitu hormon lapar yang menunjukkan otak kita untuk makan lebih banyak. 

3 dari 8 halaman

Mencegah Penuaan Dini

dini
© huffingtonpost.com


Manfaat taoge yang kedua untuk mencegah penuaan dini. Taoge dikatakan memiliki banyak antioksidan yang sangat aktif yang membantu mencegah penuaan dini. Diketahui untuk mencegah kerusakan DNA yang juga merupakan penyebab penuaan. Selain itu, antioksidan yang ada di dalam taoge membantu memerangi radikal bebas perusak sel yang dapat menyebabkan penuaan dini.

4 dari 8 halaman

Membantu Pencernaan

pencernaan
©www.nhs.uk

Manfaat taoge yang ketiga untuk mendukung kesehatan pencernaan. Taoge mengandung enzim hidup yang sangat tinggi. Enzim ini selanjutnya membantu dalam meningkatkan proses metabolisme Anda dan meningkatkan reaksi kimia di dalam tubuh, khususnya dalam hal pencernaan.

Enzim ini membantu memecah makanan secara efektif dan meningkatkan penyerapan nutrisi oleh saluran pencernaan. Taoge juga memiliki banyak serat makanan yang mengatur pencernaan. Pada dasarnya, serat dapat membuat tinja lebih mudah untuk melewati saluran pencernaan.

5 dari 8 halaman

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat taoge yang keempat untuk meningkatkan sirkulasi darah. Taoge membantu meningkatkan sirkulasi darah Anda dengan menjaga jumlah sel darah merah dengan jumlah zat besi dan tembaga yang signifikan.

Hal ini akan membantu memasok oksigen ke berbagai organ dan sel untuk mengoptimalkan kinerjanya. Taoge cenderung memperbaiki kapiler untuk mendapatkan rambut yang kuat dan juga tebal.

Pasokan darah yang sehat merupakan stimulan yang baik untuk pertumbuhan rambut. Ini membantu menghasilkan pembuluh darah baru dan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala dan folikel.

011 tantri setyorini
©2018 Merdeka.com/Pixabay


Meningkatkan Penglihatan

Manfaat taoge yang kelima untuk meningkatkan penglihatan. Vitamin A sudah dikenal dapat membantu meningkatkan kesehatan penglihatan. Karena adanya vitamin A, taoge juga dapat membantu meningkatkan penglihatan mata Anda. Sayuran ini juga menjadi agen antioksidan untuk melindungi sel-sel mata dari radikal bebas.

6 dari 8 halaman

Mendukung Kesehatan Hati

ilustrasi hati
©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Sebastian Kaulitzki

Manfaat taoge yang keenam dapat mendukung kesehatan organ hati. Taoge memiliki kandungan berupa asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi jumlah kolesterol berbahaya di pembuluh darah dan arteri.

Asam lemak omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi stres berlebihan pada sistem kardiovaskular Anda. Kehadiran kalium juga akan membantu mengurangi tingkat tekanan darah, sehingga mengurangi risiko pada kardiovaskular.

Membangun Sistem Kekebalan

Manfaat taoge yang ketujuh untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh Anda. Taoge memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga membuatnya menjadi stimulan yang kuat bagi sel darah putih dalam tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit, dan pada akhirnya, dapat membangun sistem kekebalan tubuh Anda. Ia juga memiliki banyak vitamin A. Vitamin A memiliki sejumlah sifat antioksidan yang menjadi sumber kekuatan sistem kekebalan yang hebat.

7 dari 8 halaman

Mengurangi Keasaman

Manfaat taoge selanjutnya untuk membantu mengurangi tingkat keasaman. Taoge bersifat alkali bagi tubuh. Sayuran ini membantu mengatur dan menjaga tingkat pH tubuh Anda dengan mengurangi tingkat asam. Diketahui bahwa banyak penyakit termasuk kanker yang berhubungan dengan kelebihan asam dalam tubuh.

Membantu Pertumbuhan Rambut

indah
©2019 Merdeka.com/Pexels
8 dari 8 halaman

Membantu Merangsang Produksi Sebum

Manfaat taoge yang terakhir untuk membantu merangsang produksi sebum. Taoge adalah sumber makanan yang kaya seng, yaitu nutrisi yang membantu merangsang produksi sebum di kulit kepala, yang membantu menjaga akar dan helai rambut tetap terhidrasi dan bergizi. Sebum juga berperan untuk mendorong regenerasi sel kulit kepala Anda.

(mdk/ank)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami