11 Manfaat Sirih Merah bagi Kesehatan, Atasi Masalah Mulut hingga Diabetes

11 Manfaat Sirih Merah bagi Kesehatan, Atasi Masalah Mulut hingga Diabetes
Ilustrasi daun sirih merah. © Pixabay
JABAR | 29 September 2020 20:00 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sirih. Tanaman ini sudah dikenal banyak orang akan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Jika sudah akrab dengan sirih yang berdaun hijau, bagaimana dengan sirih merah?

Sirih merah juga sama seperti sirih hijau. Tanaman ini juga memiliki reputasi sebagai obat tradisional. Bentuk daunnya juga mirip dengan sirih hijau, yaitu berbentuk hati dengan corak bagian atas yang berwarna putih keabu-abuan dan mengkilap, serta pada bagian bawah daun berwarna merah terang.

Sirih merah sudah sering digunakan sebagai obat oral atau pun obat topikal. Tumbuhan endemik dari Sulawesi ini memiliki kandungan banyak zat seperti minyak atsiri, flavonoid, saponin, dan tanin.

Sirih merah ini juga mudah dikembangbiakkan serta banyak memberi khasiat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat sirih merah, yang kami rangkum dari Liputan6.com:

Baca Selanjutnya: Meredakan Mimisan...

Halaman

(mdk/ank)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami