11 Perlengkapan Akuarium yang Perlu Dimiliki, Bantu Rawat Kehidupan Ikan

11 Perlengkapan Akuarium yang Perlu Dimiliki, Bantu Rawat Kehidupan Ikan
Ilustrasi akuarium. ©Shutterstock.com/ Dmitrijs Mihejevs
JABAR | 5 Januari 2021 09:20 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Ikan bisa menjadi hewan peliharaan sekaligus hobi yang mengasyikkan. Biasanya orang-orang akan meletakkan ikan peliharaan mereka dalam akuarium di dalam rumah. Memelihara ikan seperti ini dikatakan juga dapat membantu menghilangkan stres dan menenangkan pikiran.

Memandang ikan-ikan berwarna-warni di dalam akuarium memang memiliki kepuasan tersendiri bagi beberapa orang. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa yang menjadikan akuarium tersebut cantik tidak hanya ikannya saja, tapi juga aksesoris atau perlengkapan yang ada di dalamnya.

Memiliki perlengkapan akuarium yang tepat memang dapat menjadi faktor penting dalam keberlangsungan hidup ikan-ikan di dalamnya. Karena bukan tidak mungkin jika ikan-ikan dalam akuarium bisa cepat mati jika perlengkapan akuarium ada yang kurang atau tidak sesuai.

Apa saja perlengkapan akuarium yang perlu kita miliki ketika hendak memelihara ikan? Berikut kami sampaikan perlengkapan akuarium yang perlu dimiliki untuk memelihara ikan yang dirangkum dari aquariumcarebasics.com:

2 dari 5 halaman

Pompa Udara Akuarium

ilustrasi akuarium
©2012 Shutterstock/Andrey Armyagov

Perlengkapan akuarium yang perlu dimiliki yang pertama adalah pompa air. Pompa udara adalah salah satu perlengkapan akuarium yang diperlukan atau opsional. Jika Anda menggunakan filter yang membutuhkan pompa udara akuarium untuk bekerja, maka Anda membutuhkan pompa air ini.

Jika filter daya eksternal atau filter tabung digunakan, maka pompa udara akuarium mungkin hanya menjadi opsional. Pompa udara akuarium dapat digunakan untuk mengoperasikan dekorasi yang membutuhkan udara untuk bergerak, filter sudut dalam tangki daya, filter spons atau di bawah filter kerikil, dan untuk menggerakkan batu udara.

Batu Udara Akuarium

Perlengkapan akuarium yang kedua yaitu batu udara akuarium. Batu udara akuarium digunakan oleh banyak orang untuk menciptakan tampilan dekoratif, karena batu ini memberikan aliran gelembung halus yang mengalir ke permukaan.

Batu udara akuarium tidak menambahkan oksigen ke air akuarium, tetapi dapat membantu mengoksidasi tangki dengan meningkatkan luas permukaan tempat udara yang bersentuhan dengan air. Gelembung dari batu udara juga mengaduk permukaan air yang bagus untuk tangki berteknologi rendah.

Background Akuarium

Perlengkapan akuarium yang ketiga adalah background. Meskipun termasuk perlengkapan opsional, miliki background akuarium tentu jauh lebih bagus daripada tangki yang berlatar belakang dinding kosong dan kabel hitam yang menggantung.

Background ini dapat berupa pemandangan warna-warni yang terbuat dari plastik cetakan, atau pemandangan berwarna-warni yang dicetak di atas kertas gulung glossy. Latar belakang akuarium juga bisa sesederhana kertas kado berwarna atau poster berwarna yang ditempelkan pada kaca tangki bagian belakang eksterior.

3 dari 5 halaman

Penutup Akuarium

ilustrasi akuarium©2012 Merdeka.com

Perlengkapan akuarium yang keempat yaitu penutup akuarium. Penutup akuarium adalah salah satu perlengkapan akuarium yang paling dibutuhkan karena akan melindungi bagian atas tangki. Sangat penting untuk menjaga akuarium tetap tertutup untuk melindungi air akuarium dari kotoran, debu, atau benda lain yang masuk. Penutup akuarium juga diperlukan agar penghuni akuarium tidak bisa keluar.

Filter Akuarium

Perlengkapan akuarium yang kelima yakni filter akuarium. Filter tangki ikan adalah salah satu aksesori akuarium terpenting. Ada banyak merek, tipe, dan gaya yang berbeda untuk dipilih, dengan beberapa berkinerja lebih baik dalam beberapa hal daripada yang lain. Tetapi terlepas dari pilihannya, yang paling penting adalah bagaimana kinerja filter untuk penyaringan mekanis, kimia, dan biologis.

Jaring Ikan Akuarium

Salah satu yang paling umum dari semua perlengkapan akuarium adalah jaring ikan. Orang yang hobi ikan hampir selalu memiliki setidaknya satu perlengkapan ini. Jaring ikan akuarium dapat dibeli dalam berbagai ukuran yang sesuai dengan ukuran akuarium.

Banyak pemelihara ikan menggunakan ukuran jaring ikan yang sebanding dengan ukuran spesies yang dipelihara. Jaring ikan ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk menelusuri area akuarium untuk mencari sisa kotoran yang mengapung.

4 dari 5 halaman

Vakum Akuarium

Vakum akuarium adalah salah satu perlengkapan akuarium yang juga sangat dibutuhkan. Digunakan untuk menjaga agar penumpukan bahan organik tetap terkendali, vakum akuarium memungkinkan seseorang untuk menghilangkan makanan yang tidak dimakan, tanaman yang mati, puing-puing dan kotoran dari dasar tangki.

Jika bahan organik tidak dihilangkan dan dibiarkan menumpuk, isi di dalam akuarium dapat mengalami lonjakan amonia, kadar nitrat tinggi, dan masalah kualitas air lainnya seiring waktu.

Kerikil Akuarium

Setelah memilih tangki, salah satu keputusan pertama yang diambil seseorang ketika hendak memelihara ikan di akuarium adalah memikirkan apa yang harus dilakukan di bagian bawah tangki. Banyak orang akan membeli kerikil akuarium untuk menghias bagian bawah tangki.

Kerikil akuarium tersedia dalam berbagai ukuran, dan memilih ukuran kerikil terbaik yang sesuai dengan jenis spesies yang akan dipelihara adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan.

Pertimbangan lain adalah apakah tangki akan memiliki tanaman hidup. Jika ingin meletakkan tanaman hidup, akan lebih baik untuk menghindari kerikil akuarium dan beralih ke substrat tanaman berkualitas dan kaya nutrisi.

Pemanas Akuarium

Pemanas akuarium merupakan salah satu perlengkapan akuarium yang diperlukan saat memelihara jenis ikan tropis. Pemanas akuarium akan menjaga air akuarium tetap stabil dan dalam kisaran yang aman. Pemanas akuarium diberi nilai watt untuk berbagai ukuran tangki.

Ada banyak jenis dan gaya yang dapat dipilih. Ada yang terbuat dari kaca dan ada pula yang terbuat dari plastik. Beberapa jenis memiliki komponen untuk di atas air dan jenis lainnya dapat direndam. Dan beberapa pemanas akuarium menggunakan lampu dengan warna berbeda.

5 dari 5 halaman

Rakitan Impeller Filter

Salah satu perlengkapan akuarium yang sering dianggap remeh adalah perakitan impeller filter. Jika rakitan impeller filter retak atau aus, akan sulit untuk menahan posisinya dengan benar di dalam. Impeller filter dapat mengeluarkan suara berderak yang keras sehingga tidak bisa memompa dengan baik. Dalam beberapa kasus, alat ini bisa berhenti bekerja. Jadi, sebaiknya sediakan satu atau dua impeller cadangan.

Substrat Tanaman

Memilih substrat tanaman di atas kerikil akuarium adalah salah satu pilihan terpenting yang dapat dibuat oleh penggemar terkait perlengkapan akuarium. Terutama jika tangki akan diletakkan tanaman hidup. Sebaiknya pilih substrat tanaman yang kaya nutrisi untuk membantu tanaman berakar tumbuh subur di lingkungan air.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami