12 Makanan Penyebab Sakit Gigi yang Perlu Diperhatikan, Segera Kurangi Konsumsinya

12 Makanan Penyebab Sakit Gigi yang Perlu Diperhatikan, Segera Kurangi Konsumsinya
Ilustrasi sakit gigi. ©Livestrong.com
JABAR | 21 November 2020 06:01 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Gigi adalah salah satu bagian penting dalam tubuh yang membantu dalam proses pencernaan makanan. Perawatan gigi seharusnya sudah menjadi kebiasaan sehari-hari agar kondisi gigi tetap sehat dan prima.

Anda mungkin sudah rajin menggosok gigi dua kali sehari, berkumur, menyikat lidah, atau bahkan menggunakan benang gigi (dental floss). Namun, jika hanya aktivitas tersebut, berarti Anda melewatkan satu hal lagi dalam program perawatan gigi, yaitu makanan dan minuman.

Ya, program perawatan gigi Anda akan jauh lebih baik jika Anda mengetahui makanan dan minuman apa yang dapat menyebabkan sakit gigi. Ini penting, karena banyak makanan di sekitar kita ternyata memberikan efek yang buruk terhadap kesehatan gigi.

Dengan mengurangi asupan atau menghindarinya, Anda sudah menjalankan paket lengkap perawatan gigi di rumah yang bisa menunjang kesehatan gigi Anda. Untuk membantu Anda, mendapatkan gigi sehat, berikut beberapa makanan penyebab sakit gigi yang perlu Anda perhatikan.

2 dari 5 halaman

Bahan Makanan Perusak Gigi

berlubang
© boldsky.com

Dilansir dari thegrownetwork.com, ada dua bahan makanan utama yang dapat merusak Mutiara putih di mulut Anda, yaitu:

Gula

Jutaan bakteri yang sudah ada di dalam mulut sangat senang ketika Anda makan gula, terutama sukrosa (gula meja). Bakteri akan merusak penumpukan plak dan menghasilkan asam laktat, yang mengikis enamel gigi. Sukrosa adalah bentuk gula yang paling buruk karena gula ini akan lengket pada gigi sehingga sulit dihilangkan bahkan dengan menyikat gigi.

Asam

Makanan asam, seperti buah-buahan, dapat menggerogoti enamel gigi dan langsung merusak gigi Anda. Dalam hal ini, bakteri tidak serta merta menghasilkan asam dan menyebabkan kerusakan gigi.

Cuci asam alami dengan air minum. Ironisnya, menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang asam menyebabkan lebih banyak kerusakan. Gigi keropos dan asam melembutkan gigi.

Jika Anda menyikat gigi segera setelahnya, email akan semakin rusak. Setelah mengonsumsi makanan asam, bilas mulut Anda dengan air dan tunggu setidaknya satu jam sebelum menyikat gigi.

3 dari 5 halaman

Makanan Penyebab Sakit Gigi

Soda

Makanan penyebab sakit gigi yang pertama adalah soda. Tentu tidak mengherankan jika soda termasuk ke dalam daftar ini.

Soda adalah salah satu makanan utama yang harus dihindari untuk gigi sensitif. Ada dua bahan dalam soda yang akan mengiritasi gigi dan menyebabkan nyeri: gula dan asam. Tentu ini adalah pukulan ganda bagi gigi Anda.

sensitif
©michaelsdental.com

Es Krim

Makanan penyebab sakit gigi yang kedua yaitu es krim. Makanan dingin ini juga mengandung gula sehingga menjadi senjata yang mematikan untuk membuat gigi menjadi lebih sensitif. Orang yang memiliki gigi sensitif tidak memiliki lapisan enamel yang berfungsi sebagai pelindung.

Kopi

Makanan penyebab sakit gigi yang ketiga adalah kopi. Kopi tidak hanya berupa minuman panas yang dapat menyebabkan sakit gigi. Kafein dalam kopi sangat asam, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Ini akan membuat kondisi sakit gigi semakin parah.

Permen dan Obat Batuk

Makanan penyebab sakit gigi yang keempat adalah permen dan obat batuk. Lollipop, peppermints, dan obat batuk adalah ancaman untuk gigi Anda selanjutnya.

Jika Anda memiliki gigi sensitif, jangan konsumsi permen keras dan obat batuk. Ini karena makanan tersebut penuh dengan gula dan juga bisa menyebabkan gigi patah.

4 dari 5 halaman

Buah Sitrus

jerukan
©2018 Merdeka.com/Pixabay

Makanan penyebab sakit gigi yang kelima yaitu buah sitrus. Nanas, jeruk, lemon, dan jeruk nipis adalah buah asam yang sering ditemui.

Asam membuat gigi Anda lebih sensitif karena menggerogoti enamel gigi. Meskipun bergizi tinggi, mengonsumsi buah dan jus buah tersebut dapat menyebabkan gigi sensitif dan sakit.

Tomat & Saus Tomat

Makanan penyebab sakit gigi yang selanjutnya yaitu tomat dan saus tomat. Saat panen tomat sedang berlangsung, banyak dokter gigi melaporkan kasus sakit gigi yang meningkat.

Meskipun tomat adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, tomat juga merupakan makanan asam. Selain itu, saus tomat, serta tomat mentah, juga dapat memicu gigi sensitif.

Permen Lengket

Toffee, karamel, gummy bear, dan licorice adalah permen lengket yang sangat buruk bagi penderita gigi sensitif. Makanan ini penuh dengan gula dan dapat menempel di gigi Anda.

Makanan yang sangat manis dan lengket dapat merangsang saraf di Dentin, lapisan di bawah Enamel. Inilah yang menyebabkan rasa sakit pada gigi.

004 febrianti diah kusumaningrum
Shutterstock/StepanPopov

 Buah Kering

Ada beberapa makanan lengket, seperti kismis, buah ara, dan aprikot kering yang dikemas dengan nutrisi, namun dapat menyebabkan gigi sensitif. Buah-buahan kering mengandung gula yang tinggi dan dapat merusak gigi.

Gula dalam buah-buahan, meski minimal, tetap dapat menempel di gigi dan menjadi pemberi makan bakteri plak. Bilas mulut Anda dengan air setelah mengonsumsi dan sikat gigi sekitar satu jam setelahnya.

5 dari 5 halaman

Acar

ilustrasi acar
Shutterstock/kzww

Cuka yang digunakan untuk membuat acar sangat asam. Makanan ini juga terkadang dibuat dengan gula. Meskipun mentimun itu sehat, air garamnya dapat merusak gigi Anda. Minum air saat makan membantu menghilangkan asam dan gula, tetapi ingatlah untuk menyikat gigi satu jam kemudian.

Anggur

Alkohol menyebabkan mulut kering, sehingga dapat mengurangi produksi air liur Anda. Gula mengendap di gigi dan menyebabkan sakit gigi. Anggur putih dan anggur merah yang lebih manis menyebabkan kerusakan paling besar. Segera hindari konsumsi anggur untuk menjaga kesehatan gigi Anda.

ilustrasi roti tawar
©Shutterstock

Roti Putih

Ada sejumlah alasan mengapa karbohidrat olahan, seperti roti sandwich, tidak baik untuk Anda. Pertama, makanan ini penuh dengan gula sederhana yang cepat larut di mulut Anda.

Saat Anda mengunyahnya, roti putih memiliki konsistensi yang kenyal. Ini berarti partikel lengket tersebut terjebak di permukaan gigi dan di antara gigi Anda. Gula yang larut menyebabkan lonjakan asam yang dapat mengikis enamel gigi.

Apel

Makanan penyebab sakit gigi yang terakhir yaitu apel. An apple a day may keep the doctor away. Sayangnya ungkapan tersebut kurang tepat. Asam yang ada di dalam buah ini mungkin membuat Anda harus pergi ke dokter gigi.

Apel memang kaya nutrisi, tetapi asamnya yang tinggi ternyata keras untuk enamel Anda. Makan apel bukanlah hal yang buruk, tapi pastikan untuk membilas mulut Anda dengan air segera setelahnya, dan sikat gigi satu jam kemudian.

(mdk/ank)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami