12 Makanan Sehat untuk Mencegah Penyakit Jantung

12 Makanan Sehat untuk Mencegah Penyakit Jantung
JABAR | 18 Februari 2020 17:00 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Menurut definisi dari WHO, penyakit kardiovaskuler adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah. Ada banyak macam penyakit kardiovaskuler, akan tetapi yang paling umum dan paling terkenal adalah penyakit jantung coroner dan stroke.

Melansir dari inheart.org, penyakit kardiovaskuler masih menjadi ancaman dunia (global threat) dan merupakan penyakit yang berperan utama sebagai penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2018 menunjukkan bahwa angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Setidaknya, 15 dari 1000 orang atau sekitar 2.784.064 individu di Indonesia menderita penyakit jantung.

Banyak orang beranggapan bahwa serangan jantung adalah takdir, padahal kasus-kasus kematian karena serangan jantung dapat dicegah dengan mendeteksi penyakit lebih awal dan mengubah gaya hidup salah satunya dengan lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan sehat untuk mencegah penyakit jantung telah merdeka.com rangkum dari berbagai sumber:

1 dari 12 halaman

1. Ikan Salmon

Menurut berbagai penelitian, ikan salmon dipercaya berguna untuk penurunan penyakit jantung di antaranya stroke, serangan jantung, tekanan darah tinggi dan dapat meningkatkan konsentrasi trigliserida dalam darah.
Salah satu kandungan ikan salmon yang penting bagi kesehatan jantung adalah asam lemak omega-3 yang merupakan asam lemak tak jenuh yang dipercaya dapat membantu menyehatkan jantung dengan cara mengurangi peradangan, membantu mengatur detak jantung yang tidak teratur, dan memperkuat otot-otot jantung.

2 dari 12 halaman

2. Ikan Tuna

Kandungan lemak jenuh dalam ikan tuna terbilang rendah tetapi kandungan lemak yang sehat justru lebih tinggi. Ikan ini memiliki kandungan omega-3 jenis EPA (asam Eicosapentaenoic) dan DHA (asam Docosahexaenoic acid) yang tinggi, dengan begitu ikan ini sangat baik untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh yang artinya makanan ini juga baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

3 dari 12 halaman

3. Ikan Sarden

Ikan sarden memiliki kandungan asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi seperti EPA dan DHA untuk mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh, mencegah plak arteri sehingga tekanan darah dalam tubuh menjadi lebih terkontrol. Selain itu, kandungan B12 yang terdapat dalam ikan sarden juga dapat mendukung sistem kardiovaskular yang menyehatkan jantung.

4 dari 12 halaman

4. Yoghurt Rendah Lemak

Yoghurt merupakan produk olahan yang berbahan dasar susu yang sudah difermentasikan. Makanan ini menurut temuan yang dipublikasikan American Journal of Hypertension dapat menurunkan resiko penyakit jantung baik pada laki-laki maupun perempuan.

5 dari 12 halaman

5. Blueberry

Blueberry dipercaya bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol di dalam darah sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Manfaat tersebut didapat dari kandungan asam folat dan vitamin B6 sebagai nutrisi pencegah penumpukan senyawa homosistein. Senyawa inilah yang akan berdampak pada kerusakan pembuluh darah dan berujung pada masalah kesehatan jantung.

6 dari 12 halaman

6. Tahu

Kandungan protein tinggi yang terdapat dalam tahu bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, tekanan darah tinggi dan resiko aterosklerosis. Zat aktif dalam tahu juga dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

7 dari 12 halaman

7. Minyak Zaitun

Virgin olive oil atau minyak zaitun murni merupakan minyak yang didapatkan dari buah pohon zitun (Olea europaea L). Minyak zaitun murni mengandung alkaloid, sapanonin, dan tannin, flavonoid, apigenin, luteolin, chryseriol dan derivatnya serta kandungan omega-9 (Asam Oleic) yang memiliki manfaat untuk menurunkan LDL dan meningkatkan HDL melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan omega-3 dan omega-6.

8 dari 12 halaman

8. Teh Hijau

Teh hijau berasal dari jenis tumbuhan Camellia sinensis. Minuman ini mulanya berasal dari Tiongkok yang biasanya disajikan dengan campuran madu atau dijadikan teh tubruk tanpa tambahan gula. Selain nikmat teh hijau juga memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk mencegah penyakit jantung.

9 dari 12 halaman

9. Alpukat

Lemak baik yang terkandung dalam alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Alpukat mengandung kalium nutrisi yang penting untuk jantung. Menurut beberapa penelitian mengonsumsi 4,7 gram kalium per hari bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.

10 dari 12 halaman

10. Kacang Almond

Kacang almond mengandung vitamin E, magnesium, serat, lemak tak jenuh tunggal, protein dan zat besi. Kandungan vitamin yang terdapat dalam kacang almond berupa magnesium bermanfaat untuk melancarkan dan meningkatkan aliran darah ke jantung.

11 dari 12 halaman

11. Susu Kedelai

Susu kedelai memiliki kandungan yang baik untuk tubuh karena berasal dari tanaman dan secara alami bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan mengandung laktosa. Efek antioksidan yang dimiliki isoflavone dalam susu kedelai memberikan manfaat untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis salah satunya adalah penyakit jantung.

12 dari 12 halaman

12. Jeruk

Jeruk yang dimakan langsung tanpa tambahan gula maupun susu mengandung flavanon yang baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk juga dapat menjaga jantung dari penyakit yang mematikan.

(mdk/nof)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami