28 Perjalan Kereta dari Jakarta Dibatalkan untuk Cegah Corona, Simak Daftarnya

28 Perjalan Kereta dari Jakarta Dibatalkan untuk Cegah Corona, Simak Daftarnya
JABAR | 29 Maret 2020 15:40 Reporter : Fatimah Rahmawati

Merdeka.com - Mulai 1 April sampai dengan 1 Mei 2020, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melakukan pembatalan beberapa jadwal perjalanan kereta api (KA). Seperti yang dilansir dari liputan6.com pada Minggu (29/3), terdapat 28 perjalanan kereta api yang akan dibatalkan khusus untuk DAOP 1 Jakarta.

Hal ini merupakan langkah PT KAI dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yang semakin merebak di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya Jakarta. Pembatalan dilakukan untuk jadwal keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Jakarta Kota.

Hingga saat ini, sudah ada penurunan volume penumpang yang cukup signifikan yaitu sebesar 70 persen untuk stasiun keberangkatan di area DAOP 1 Jakarta. Penumpang juga terlihat tidak sepadat di waktu normal.

Meski PT KAI sudah membatalkan beberapa jadwal keberangkatan hingga awal Mei, namun pihaknya mengatakan akan memastikan jarak antar penumpang di kereta api tetap akan diterapkan melalui pengaturan oleh petugas.

Hal ini tentu berdampak pada calon penumpang yang telah memesan tiket KA. Namun, PT KAI menyampaikan bahwa pihaknya telah memberikan informasi terlebih dahulu kepada calon penumpang melalui layanan informasi pelanggan.

Bagi calon penumpang yang terdampak pembatalan KA pada kurun waktu tersebut dapat mengajukan pengembalian bea tiket secara penuh 100 persen di luar bea pesan. Namun, PT KAI tidak mengalihkan penumpang yang jadwalnya batal ke perjalanan KA lainnya, melainkan penumpang dapat melakukan pembelian tiket dengan jadwal KA yang lain secara mandiri.

Baca Selanjutnya: 28 Daftar Perjalanan yang Dibatalkan...

Halaman

(mdk/far)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami