3 Jenis Serabi Khas Jawa Barat dengan Cita Rasa Unik, Cocok Dijadikan Camilan

3 Jenis Serabi Khas Jawa Barat dengan Cita Rasa Unik, Cocok Dijadikan Camilan
Kue Serabi. pinterest ©2020 Merdeka.com
JABAR | 12 Juni 2020 12:15 Reporter : Nurul Diva Kautsar

Merdeka.com - Belum afdol rasanya jika mengunjungi Jawa Barat tanpa mencicipi beberapa varian dari surabi (sebutan orang sunda serabi). Kue empuk berbentuk bundar yang terdiri dari rasa gurih dan manis ini merupakan salah satu aset kuliner dari tanah pasundan yang masih populer hingga saat ini.

Salah satu yang unik dari kue serabi Sunda adalah cara pembuatannya yang khas. Serabi asli Sunda masih menggunakan tempat masak tradisional berbahan dasar tanah liat dan dimasak di atas bara dari kayu bakar.

Di Jawa Barat terdapat tiga varian kue serabi yang memiliki cita rasa otentik dan cocok disantap sebagai teman ngemil. Berikut informasinya.

2 dari 6 halaman

Serabi Polos

serabi bandung
Serabi Polos

Coockpad.com ©2020 Merdeka.com

Sesuai namanya, serabi jenis ini memiliki ciri khas rasa orginial yang gurih sedikit asin dan tidak memakai tambahan apapun dalam proses pembuatannya.

Untuk serabi jenis ini memiliki komposisi bahan yang cukup sederhana, seperti tepung beras, air, santan kelapa dan sedikit garam dilansir dari http://www.disparbud.jabarprov.go.id/

Tekstur yang padat namun tetap empuk membuat surabi original ini sangat cocok disajikan sebagai teman sarapan bersama beberapa potong gorengan. Kue ini bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional Kota Bandung dan sekitarnya.

3 dari 6 halaman

Tersedia dengan Aneka Toping

Saat ini serabi Bandung mulai banyak dikreasikan dengan berbagai tambahan toping, seperti oncom (hasil fermentasi dari tempe), telur, selai buah, keju, susu, daging, cokelat hingga cappuccino.

4 dari 6 halaman

Serabi Kinca

serabi kinca
Serabi Kinca

pinterest ©2020 Merdeka.com

Sudah mengenal surabi kinca sebelumnya? Salah satu ciri unik dari serabi kinca adalah bentuknya yang mungil dan berwarna hijau yang terbuat dari campuran daun pandan.

Dilansir dari Brilio.net, serabi kinca merupakan varian serabi manis dari Jawa Barat dengan tambahan kinca (gula merah cair) sebagai pendampingnya.

Serabi kinca akan menimbulkan cita rasa yang unik ketika kita mencicipinya, perpaduan aroma daun pandan yang menyatu dengan legitnya saus dari gula merah yang dicairkan dan tambahan aroma nangka membuat serabi jenis ini memiliki keunikan yang patut dicoba.

5 dari 6 halaman

Kue Ape

serabi jakarta
Kue ape / serabi Jakarta

pinterest ©2020 Merdeka.com

Terakhir, merupakan varian serabi yang mungkin masih cukup asing di telinga yaitu kue ape. Kue ape merupakan serabi khas Jakarta yang juga populer di beberapa wilayah Jawa Barat seperti Bekasi, Depok dan Bogor.

Ciri khas kue ape adalah bentuknya yang lebih kecil dari serabi Bandung maupun serabi kinca, dengan tekstur kering mirip kue lekker. Kue ape juga memiliki warna hijau terang layaknya serabi kinca dengan cita rasa yang manis dan legit.

6 dari 6 halaman

Menurut informasi dari goodnewsfromindonesia.id, serabi Jakarta atau kue ape ini dibuat dengan menggunakan tepung terigu yang diberi air. Kemudian dicampur dengan susu bubuk, dan ditaburi  meses, susu kental manis atau parutan keju ketika disajikan. Tertarik untuk mencoba semuanya?

(mdk/nrd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami