4 Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim, Simpel dan Menarik

4 Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim, Simpel dan Menarik
ilustrasi kerajinan. wikihow
JABAR | 12 Januari 2021 08:04 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat siapa pun tak bisa lepas dari gadget, begitu pun dengan anak-anak. Hal ini tentu membuat sebagian orang tua merasa gelisah takut anaknya kemudian jadi antipati dan anti sosial. Orang tua sebenarnya bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan lebih rajin mengajak anak bermain. Tak perlu mainan yang mewah, cukup mainan sederhana tapi seru.

Membuat kerajinan tangan dari stik es krim bisa jadi salah satu alternatif bermain sambil belajar yang cocok untuk anak. Bukan hanya menyenangkan, hal tersebut juga dapat mengasah kreativitas anak. Terlebih usia anak-anak yang sedang dalam fase mudah penasaran tentu ia akan sangat antusias saat membuat kerajinan tangan. Apalagi jika hal itu termasuk baru baginya.

Tak perlu takut kehabisan ide mau membuat kerajinan seperti apa, kamu bisa menyimak informasi berikut ini mengenai 4 cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com.

2 dari 5 halaman

1. Bingkai Foto

stik es krim

©2021 Merdeka.com/Youtube: RDBL Mr.X

Cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim yang pertama kamu bisa memulai dari yang paling mudah yakni membuat bingkai foro dari stik es krim. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama susun 4 buah stik es krim menjadi bentuk persegi, dan buat sebanyak 2 buah. Lalu, susun tumpuk menjadi 2 lapisan persegi. Jangan lupa selalu gunakan lem agar merekat.
  2. Selanjutnya susun bagian alas bingkainya. Kamu cukup memotong kertas karton menjadi bentuk persegi empat dengan ukuran yang sama dengan bingkai.
  3. Susun stik es krim menggunakan lem hingga menutupi alas bingkai.
  4. Lalu, susun dua buah stik es krim menjadi tumpuk dua, dan buat sebanyak 3 buah. Bagian ini berguna sebagai wadah untuk foto agar bisa diletakkan ke dalam bingkai.
  5. Kemudian tempel bagian alas bingkai tadi dan sisakan satu sisi celah pada posisi atas untuk memasukkan foto.
  6. Langkah selanjutnya rekatkan bingkai dan alas bingkai tadi.
  7. Setelah selesai jangan lupa warnai dan hiasi bingkai foto agar lebih menarik.
  8. Jika semua sudah siap, kamu tinggal masukkan foto ke dalam bingkai tersebut.
3 dari 5 halaman

2. Tempat Sendok dan Garpu

Cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim berikutnya kamu bisa membentuknya menjadi tempat untuk sendok garpu. Cara ini juga terbilang mudah dan bisa dengan mudah diikuti. Berikut perhatikan langkah-langkahnya:

  1. Ambil 3 buah stik es krim lalu bentuk menjadi segitiga. Jangan lupa gunakan lem untuk merekatkan. Bentuk segitiga tersebut dimaksudkan agar struktur dari tempat sendok dan garpu semakin kuat. Jadi kamu bisa membuatnya sebanyak mungkin sesuai dengan sendok garpu yang ada di rumahmu.
  2. Tumpuk segitiga yang telah dibuat hingga berlapis-lapis.
  3. Beri warna sesuai seleramu, agar terlihat menarik dan cocok jika diletakkan di meja makan.
4 dari 5 halaman

3. Rumah-Rumahan


Berikut ini cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim membentuk rumah-rumahan, perhatikan langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Gunakan kertas karton atau kardus untuk bagian alas. Tapi, sebelum diberi alas karton atau kardus, kamu bisa menggunakan kertas koran untuk menutupi kertas karton atau kertas kardus tersebut, tujuannya agar lem agar tidak merusak permukaan alas rumahnya.
  2. Langkah selanjutnya susun stik es krim menggunakan lem untuk merekatkannya, hingga membentuk segi empat yang tujuannya digunakan sebagai dinding.
  3. Lalu, lapisi bagian dinding rumah yang sudah jadi tadi menggunakan stik es krim lainnya. Tujuannya agar dinding rumah semakin kokoh.
  4. Apabila dinding rumah sudah jadi, selanjutnya kamu akan membuat bagian atap rumah. Caranya dengan merekatkan 3 stik es krim yang disusun menjadi bentuk segitiga, seperti rumah pada umumnya. Buat sebanyak 3 buah kerangka untuk bagian depan, tengah, dan belakang.
  5. Sebagai bagian alas atap, gunakan stik secukupnya hingga menutupi alas atap rumah menggunakan lem.
  6. Lalu, sebagai penghias dari dinding rumah, kamu bisa melubangi dinding rumah tadi dengan cutter yang dibentuk menjadi jendela dan pintu.
  7. Sebagai langkah akhir, kamu bisa menyatukan seluruh bagian-bagian yang telah dibuat tadi, mulai dari badan hingga atap serta alasnya, tentu dengan bantuan lem untuk merekatkannya.
  8. Beri warna agar hasilnya terlihat lebih menarik.
5 dari 5 halaman

4. Tempat Pensil

stik es krim©2021 Merdeka.com/Youtube: Ai Creative


Selain dijadikan rumah-rumahan untuk pajangan, stik es krim juga bisa dijadikan barang yang memiliki fungsi, yaitu dengan menjadikannya tempat pensil. Berikut caranya:

  1. Langkah pertama dengan memotong karton menjadi ukuran sedang atau ukuran pensil.
  2. Gulung hingga berbentuk silinder atau tabung dan beri lem sebagai perekatnya.
  3. Potong karton berbentuk bulat sebagai alas dan rekatkan dengan lem.
  4. Lalu, tempel stik es krim mengikuti bentuk tabung tadi, dan tambahkan lem hingga merata pada stik es krim.
  5. Apabila seluruh dinding karton sudah tertutup seluruhnya dengan stik es krim, potong stik es krim lainnya mengikuti ukuran alas tabung menggunakan cutter.
  6. Setelah semua selesai, jangan lupa beri warna dan sedikit pernak-pernik hasil tempat pensil tersebut agar lebih menarik.

(mdk/nof)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini