5 Cara Memasarkan Produk agar Cepat Laku, Mudah Dilakukan

5 Cara Memasarkan Produk agar Cepat Laku, Mudah Dilakukan
Ilustrasi uang. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/rineca
JABAR | 2 Oktober 2021 14:45 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Produk bisa berupa barang atau jasa yang dapat diperjual belikan. Sementara dalam ilmu marketing, produk adalah apa pun yang dapat ditawarkan ke pasar dan dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Dalam menjual produk seorang pengusaha membutuhkan strategi khusus agar produk yang ia tawar cepat laku keras di pasaran.

Dalam hal ini strategi pemasaran merupakan salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh.

Dalam strategi pemasaran kualitas produk juga menjadi salah satu hal paling penting untuk menunjang keberhasilan penjualan. Berikut 5 cara memasarkan produk agar cepat laku yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Sabtu, (02/10/2021).

2 dari 6 halaman

Melakukan Promosi

Cara memasarkan produk agar cepat laku yang pertama dengan melakukan promosi. Promosi atau branding merupakan salah satu cara paling penting dalam menjalankan usaha, baik besar, kecil atau eceran. Strategi mengenalkan merek yang efektif adalah mampu memberikan nilai tambah kepada calon pelanggan di pasar yang semakin kompetitif.

Maka dari itu promosikan atau kenalkan produk kamu kepada konsumen dengan cara yang kreatif agar produk kamu menarik konsumen. Kamu juga bisa mengenalkannya melalui media cetak (surat kabar, majalah, brosur, pamflet), media elektronik (iklan di tv, internet, media sosial) atau dari mulut ke mulut.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan cara promosi kompetitor agar kamu tidak kalah bersaing. Kamu juga bisa menarik konsumen dengan cara memberikan diskon atau hadiah menarik agar konsumen menghampirimu.

3 dari 6 halaman

Memilih Lokasi yang Strategis

Cara memasarkan produk agar cepat laku berikutnya dengan memilih lokasi yang strategis. Selain mudah dijangkau oleh pembeli, pastikan juga kamu memilih lokasi tersebut karena ramai dilewati sehingga pembeli tau dimana tempat produk kamu dijual. Pemilihan lokasi tersebut merupakan salah satu strategi mereka untuk menjaring pelanggan dan juga tempat untuk mengenalkan produk kamu .

4 dari 6 halaman

Kenali Pelanggan

Tentukanlah target pasar kamu. Seperti, jika kamu mempunyai usaha pakaian dengan style Korea, maka kamu bisa menunjuk kalangan remaja sebagai target pasar kamu. Jika usaha kamu di bidang makanan seperti restoran mewah, maka target pasar kamu adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan finansial yang cukup.

Identifikasi yang tepat dapat mempermudah kamu dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif dan menghindarkan kamu dari pembuangan biaya dan waktu yang sia-sia.

5 dari 6 halaman

Menggunakan Internet Marketing

Sebagai salah satu strategi pemasaran kamu juga dapat menampilkan produk usaha kamu pada website, blog, Facebook, dan situs lainnya, dengan memasang foto-foto yang sekiranya dapat menarik konsumen. Dengan menggunakan internet marketing, kamu juga dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen tanpa dibatasi ruang dan waktu.

6 dari 6 halaman

Memuaskan Konsumen

Isitlah pembeli adalah raja merupakan istilah paling populer di kalangan pengusaha. Maka dari itu jalinlah hubungan yang baik dengan konsumen. Hubungi mereka untuk sekadar menanyakan testimoni mengenai produk usaha kamu ataupun menginformasikan produk yang baru kamu keluarkan, dan promo yang sedang berjalan. Agar konsumen menjadi loyal.

(mdk/nof)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami