5 Cara Mengajari Anak Cuci Tangan yang Benar, Bantu Cegah Penyebaran Covid-19

5 Cara Mengajari Anak Cuci Tangan yang Benar, Bantu Cegah Penyebaran Covid-19
JABAR | 9 April 2020 14:00 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Di tengah maraknya wabah Corona, pemerintah mengimbau agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih salah satunya dengan rajin mencuci tangan. Kebiasaan mencuci tangan memang terlihat sepele, namun memiliki manfaat besar untuk kesehatan salah satunya bisa mencegah penyakit serius seperti virus Corona. Bukan hanya dapat mencegah virus Corona, rajin mencuci tangan juga bisa menghindarkan kamu dari risiko mengalami diare hingga Hepatitis A.

Perlu kamu ketahui bahwa tangan yang tidak bersih akibat lupa cuci tangan dapat menjadi media penularan berbagai macam penyakit. Tangan yang kotor juga bisa menjadi sarang virus dan bakteri yang setelah menempel di tangan akan masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mulut atau anus.

Mencuci tangan akan lebih efektif jika menggunakan sabun dan dibilas dengan air mengalir. Hal ini tentu sudah dipahami betul oleh orang dewasa, namun berbeda dengan anak-anak. Tentu bukanlah hal yang mudah untuk mengajarkan pentingnya mencuci tangan dengan sabun kepada mereka. Terlebih lagi bagi anak-anak yang masih kerap bermain di luar rumah.

Maka dari itu, ada cara khusus yang perlu diterapkan agar anak mau rajin mencuci tangan. Di bawah ini ada 5 cara mengajari anak cuci tangan yang benar, bantu mencegah penyebaran Covid-19 telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber pada Kamis, (9/4).

1 dari 5 halaman

1. Lakukan dengan cara yang menyenangkan

Pakailah cara yang lebih menyenangkan untuk mengajak anak mencuci tangan agar mereka lebih tertarik. Kamu bisa memulainya dengan membuat lagu cuci tangan sendiri atau mencontoh dari yang sudah ada di YouTube.

Selain itu, kamu juga bisa mengubah kegiatan cuci tangan jadi permainan bersama sang buah hati seperti sambil memakai lagu Happy Birthday atau Selamat Ulang Tahun sebagai lagu cuci tangan.

2 dari 5 halaman

2. Ajak cuci tangan bersama-sama

Anak-anak memang belum mengerti apa itu kotor dan seberapa bahayanya kuman bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, sebagai orang tua wajib bagi kita untuk mengajarkan mereka bagaimana pentingnya kebiasaan mencuci tangan.

Anak-anak cenderung mudah mengikuti kebiasaan orang di sekitarnya. Sehingga cara yang paling mudah untuk mengajarkan anak-anak cuci tangan adalah dengan memberikan contoh kepada mereka.

Pastikan kamu mencuci tangan setelah keluar kamar kecil, sebelum dan sesudah makan, dan ajaklah anak kamu untuk melakukannya secara bersama-sama.

3 dari 5 halaman

3. Beri peringatan kepada anak sesering mungkin

Bisa dibilang meski sering dianggap sepele, menerapkan kebiasaan rajin cuci tangan tidak mudah alias membutuhkan usaha yang konsisten apalagi untuk anak-anak yang belum mengerti pentingnya cuci tangan.

Maka di sinilah tugas kita sebagai orang tua untuk sesering mungkin mengingatkan anak-anak untuk rajin cuci tangan. Terlebih di tengah bahaya Covid-19 mencuci tangan menjadi upaya pertama untuk memutus rantai penyebaran dari virus berbahaya tersebut.

4 dari 5 halaman

4. Berikan pernak-pernik bergambar favorit

Cara lain yang bisa kamu pakai untuk membuat anak rajin cuci tangan adalah dengan memberikan pernak-pernik bergambar favorit seperti handuk dengan bergambar karakter favorit sang anak.

Pada saat selesai mencuci tangan, kamu bisa keringkan tangan si kecil dengan handuk bergambar karakter kartun favoritnya. Dengan cara ini, mereka pasti akan lebih rajin lagi mencuci tangan tanpa banyak protes.

5 dari 5 halaman

5. Bicarakan mengenai dampak buruk kuman pada anak

Selain mengajari anak bagaimana cara mencuci tangan yang benar kamu juga perlu membicarakan pada mereka mengenai dampak buruk kuman untuk kesehatan tubuh jika malas cuci tangan. Sampaikan dengan cara yang halus tanpa membuat mereka ketakutan berlebihan.

(mdk/nof)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5