5 Cara Mengatasi Kram Otot secara Alami, Jangan Panik Dulu

5 Cara Mengatasi Kram Otot secara Alami, Jangan Panik Dulu
JABAR | 15 Agustus 2020 06:45 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Kram otot biasa terjadi pada setiap orang. Kondisi ini terjadi karena adanya otot yang berkontraksi dengan sendirinya. Biasanya, Anda akan merasakan benjolan keras di satu titik pada otot yang berkontraksi.

Kram umumnya terjadi di bagian kaki, dan berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit. Penyebab kram sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari kelelahan, cedera, kehamilan, dehidrasi, kekurangan mineral tertentu, ataupun suhu dingin.

Meskipun kram dapat dialami oleh setiap orang, seseorang yang berusia 65 tahun ke atas memiliki risiko lebih besar untuk menderita kram. Kram juga berkaitan dengan alkoholisme, hipotiroidisme, atau diabetes.

Meski hanya sebentar, kram akan mengganggu aktivitas dan juga menyakitkan. Ketika tubuh Anda terkena kram, jangan panik dengan menggerakkan bagian tubuh yang kram. Ada beberapa cara mengatasi kram yang dapat Anda coba sendiri di rumah.

Seperti cara mengatasi kram otot secara alami berikut ini yang bisa membantu Anda meredakan kram pada tubuh.

Baca Selanjutnya: Lakukan Peregangan...

Halaman

(mdk/ank)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami