5 Iklan Jadul Ini Sempat Bikin Heboh, Jadi Lelucon Hingga Ada 'Penampakan'

5 Iklan Jadul Ini Sempat Bikin Heboh, Jadi Lelucon Hingga Ada 'Penampakan'
JABAR | 29 Maret 2020 16:21 Reporter : Miftahul Arifin

Merdeka.com - Iklan memang menjadi sarana pemasaran suatu produk agar dikenal oleh masyarakat umum. Semakin luas jangkauan iklan itu diedarkan, maka semakin banyak pula warga yang mengetahui fungsi dan kegunaan produk tersebut.

Iklan memang dapat ditemui di berbagai media, mulai dari koran, majalah, radio, televisi sampai Internet. Berbagai cara juga dilakukan pihak produsen dalam membuat kemasan iklan yang menarik agar dapat mengena di hati masyarakat.

Namun, apa jadinya jika iklan-iklan produk yang dibuat itu malah menjadi suatu kehebohan sampai bahan olok-olokan dalam masyarakat. Tentu saja ini bukan suatu hal yang diharapkan dari pihak produsen.

Fenomena iklan yang menjadi perbincangan khalayak memang sudah terjadi sejak lama. Tapi dengan semakin meningkatnya penggunaan media sosial, viral atau penyebaran iklan tersebut dalam pergunjingan di internet semakin luas hingga ke berbagai kalangan.

Sebetulnya tidak ada maksud dari pihak produsen untuk membiarkan produk iklan mereka diparodikan atau dipelesetkan pihak tertentu. Namun, apa jadinya jika salah satu pihak sudah memparodikan iklan mereka dan menyebar di media sosial, tentu saja hasilnya adalah kehebohan di kalangan masyarakat.

Sebut saja pada 2012 lalu ketika iklan dari klinik Tong Fang menjadi perbincangan banyak orang lantaran beberapa pihak mulai memparodikan testimoni dari pasien klinik Tong Fang. Tentu saja ini mengundang kelucuan.

Tahun 2014 lalu, iklan produk Mastin juga menjadi fenomena baru lantaran iklan produk itu telah menjadi bahan lucu-lucuan berbabagi kalangan. Dengan moto "Ada kabar gembira", pengguna Internet (netizen) mulai memparodikan produk yang bahan utamanya merupakan ekstrak kulit buah manggis.

Namun, iklan yang menjadi heboh dan perbincangan tidak hanya terjadi pada produk yang diparodikan. Ada juga iklan yang sempat menjadi kehebohan lantaran ada sosok penampakan dalam iklan itu.

Iklan sampo produk Sunsilk contohnya. Iklan tayang pada 2004 silam itu sempat menjadi perbincangan kala itu lantaran ada penampakan sesosok bayangan hitam di belakang sang model iklan. Lalu ada iklan salah satu produk minuman yang terkenal di Indonesia, di mana di iklan itu sempat terlihat sesosok wajah.

Berikut lima iklan yang sempat menghebohkan seperti yang berhasil dihimpun merdeka.com, Minggu (29/3):

1 dari 5 halaman

Iklan Ekstrak Kulit Manggis Mastin

iklan mastin

Techinasia.com

Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia sudah pernah melihat iklan produk Mastin di televisi. Iklan kini jadi bahan pembicaraan berbagai kalangan itu sebetulnya sudah dirilis cukup lama, tapi kembali heboh setelah banyak dibahas oleh para pengguna internet.

Dalam iklan yang terbagi atas beberapa versi tersebut, dikisahkan bahwa ada kabar gembira yang harus diketahui semua orang. Apa kabar gembira tersebut? Tidak lain adalah "Kulit manggis kini telah ada ekstraknya".

Mastin sendiri merupakan sebuah obat herbal yang menggunakan ekstrak kulit manggis sebagai salah satu bahan pembuatannya. Mastin mengklaim obat mereka dapat merawat dan mencerahkan kulit.

Pada salah satu iklan Mastin yang berdurasi sekitar 30 detik, dimunculkan jingle dengan lirik cukup "catchy" di telinga, dan karena lirik serta iramanya yang mudah diingat. Lantas iklan ini dengan cepat digandrungi penonton.

Iklan ini cukup populer. Bahkan ada yang menggunakannya sebagai bahan lelucon dan guyonan.

Yang pasti, Mastin kini tengah mereguk kesuksesan atas iklannya yang cukup viral di masyarakat. Walaupun belum jelas apa dampaknya terhadap merek dagang Mastin, apakah hanya sebagai lelucon atau benar-benar membuat produknya laku di pasaran?

Iklan Klinik Tong Fang

2 dari 5 halaman

Iklan Klinik Tong Fang

klinik tong fang

2012 Merdeka.com/imam buhori

Pada Agustus 2012 lalu, iklan dari klinik Tong Fang seakan menjadi fenomena. Iklannya yang sering muncul di stasiun televisi membuat pengguna Twitter jahil dan memlesetkan menjadi parodi yang lucu dan terkesan mengolok-olok klinik yang membuka praktek di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara tersebut.

Bukan karena khasiat pengobatan yang menggunakan ramuan China tersebut yang dibicarakan, namun testimoni pasien yang sesudah berobat yang . Tak pelak, kicauan yang menuliskan kata 'Klinik Tong Fang' sempat menjadi trending topics world wide.

Apa jawaban pihak klinik Tong Fang melihat fenomena ini? "Sudah kita lihat belakangan di Internet, ada juga pegawai yang sering kasih lihat, tapi itu hak mereka," kata salah satu karyawan klinik Tong Fang yang enggan disebutkan namanya kepada merdeka.com, 8 Agustus 2012
lalu.

Pihak klinik Tong Fang menganggap olok-olokan tersebut bukan hal serius yang harus ditanggapi. "Yang penting pasien gak pernah kita paksa untuk berobat ke klinik," ujarnya diplomatis.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang bertugas sebagai asisten dokter atau sinsei di klinik Tong Fang ini menjelaskan cara klinik Tong Fang mengobati pasiennya. Ada empat cara untuk mendeteksi jenis penyakit pasien.

"Ada empat caranya, pertama secara pengamatan mata, biasa bisa dilihat dari wajahnya saja, penghidu atau penciuman, wawancara, terakhir fisik biasanya memeriksa urat nadi," ujar pria berkata mata dan rambut putih tersebut.

Pria tersebut juga mengakui, klinik Tong Fang tidak 'bermain' sendiri. Saat ini sudah mulai bermunculan klinik-klinik sejenis yang menawarkan pengobatan alternatif.

"Selain di sini, cek lagi yang ada juga tuh iklannya yang ada di televisi juga, di daerah Jakarta Barat, Mediterania kalo ga salah, itu pakai ramuan herbal juga," ungkapnya.

3 dari 5 halaman

Penampakan Sosok Hitam di Iklan Sunsilk

penampakan sosok hitam di iklan sunsilk

istimewa

Iklan produk sampo terkenal ini sempat menjadi bahan pembicaraan heboh ketika tahun 2004 silam. Di mana saat itu ada penampakan sosok bayangan hitam di dalam salah satu adegan.

Penampakan sosok itu muncul ketika dua model iklan yang sedang duduk bersama dan jauh di belakang mereka ada sosok hitam misterius yang duduk membelakangi mereka.

Tentu saja iklan ini sempat membuat heboh di kalangan pengguna Internet. Beberapa forum dan pengguna media sosial mempertanyakan kemunculan sosok di iklan itu.

4 dari 5 halaman

Penampakan Wajah di Iklan Aqua

penampakan wajah di iklan aqua

youtube.com

Ini adalah iklan salah satu produk minuman dalam kemasan yang sangat terkenal di Indonesia. Dalam iklan itu, dijelaskan bagaimana produk ini diambil dari mata air alami.

Namun coba perhatikan dengan jeli, saat adegan mengenai bulir-bulir air diperlihatkan. Tampak sesosok wajah berada di antara buliran air itu yang dianggap sangat aneh dan tak memiliki hubungan dengan iklan tersebut.

Muncul pernyataan apakah editor iklan ini melakukan kesalahan? Atau memang ini sosok penampakan?

Namun yang pasti iklan ini sempat menjadi perbincangan di media sosial dan forum saat itu. Para pengguna media sosial mempertanyakan kemunculan sosok itu.

5 dari 5 halaman

Sosok Mirip Pocong di Iklan Parfum Axe

sosok pocong di iklan parfum axe

youtube.com

Produk parfum khusus pria ini memang kerap menghadirkan iklan-iklan yang bertema unik. Salah satunya adalah ketika sang model pria digambarkan kedatangan malaikat cantik nan seksi setelah memakai produk ini.

Tapi bukan hanya itu yang membuat terkenal, karena ketika adegan di mana pria ini tertidur usai memakai parfum, ada sosok bayangan putih aneh di jendela yang sebelumnya tidak ada ketika sang pria memakai parfum.

Sosok putih itu dipercaya pocong yang sengaja menampakkan diri dalam iklan. Tentu saja penampakan pocong di iklan Axe Indonesia itu sempat membuat heboh.

Setelah diunggah, video tersebut menuai berbagai macam komentar. Beberapa orang ada yang percara, tapi ada juga yang bilang kalau penampakan itu cuma akibat efek pantulan cahaya dan lain-lain.

(mdk/paw)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami