5 Jenis Minyak Esensial untuk Atasi Insomnia, Ampuh dan Mudah Didapat

5 Jenis Minyak Esensial untuk Atasi Insomnia, Ampuh dan Mudah Didapat
Ilustrasi minyak esensial. ©Shutterstock
JABAR | 18 Februari 2021 17:27 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Insomnia merupakan kondisi di mana kamu merasa sangat sulit untuk tidur, sulit untuk tidur nyenyak, atau keduanya. Kondisi ini bahkan bisa terus berlanjut dan menjadi kronis sehingga membuat kamu sama sekali tidak bisa tidur, bahkan pada saat kamu ingin tidur. Bila mengalami gangguan tidur seperti ini maka biasanya kamu akan bangun tidur dalam keadaan lelah. Akibatnya aktivitas di esok harinya akan terganggu.

Penyebab insomnia paling umum adalah kecemasan, stres, dan kebiasaan tidur yang buruk. Tak jarang kebanyakan orang insomnia mengatasi masalahnya dengan mengonsumsi obat tidur.

Namun hal demikian tidak direkomendasikan sebagai pertolongan pertama tetapi kamu bisa mencoba hal-hal yang sifatnya lebih alami. Salah satunya dengan memanfaatkan minyak esensial untuk membuat aktivitas tidur jadi lebih nyaman.

Berikut ini informasi lengkap mengenai 5 jenis minyak esensial untuk atasi insomnia, ampuh dan mudah didapat telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com dan klikdokter.

2 dari 6 halaman

1. Minyak Chamomile

ilustrasi minyak chamomile
©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Tatiana Belova

Jenis minyak esensial untuk atasi insomnia yang pertama adalah minyak chamomile. Kita semua tahun bahwa bunga chamomile telah lama digunakan sebagai bahan obat herbal. Tak heran jika kemudian bunga satu ini juga dijadikan sebagai salah satu jenis minyak esensial yang ampuh insomnia karena bersifat menenangkan.

Minyak chamomile diekstraksi dari bunga tanaman chamomile. Sejumlah kandungan yang terdapat di dalamnya adalah alpha pinene, beta pinene, camphene, caryophyllene, sabinene, myrcene, gamma-terpinene, pinocarvone, farsenol, cineole, propyl angelate, dan butyl angelate.

Minyak chamomile salah satu minyak esensial yang ampuh atasi sakit kepala karena dapat melemaskan tubuh dan menenangkan otot, dan untuk alasan ini bisa sangat membantu dalam mengobati sakit kepala yang tegang. Ini juga dapat membantu mengobati kecemasan dan insomnia, yang merupakan penyebab umum sakit kepala. Namun hal perlu diketahui yakni, wanita hamil tidak boleh menggunakan minyak chamomile karena berisiko keguguran.

3 dari 6 halaman

2. Minyak Lavender

ilustrasi minyak lavenderShutterstock/Whiteaster

Jenis minyak esensial untuk atasi insomnia berikutnya adalah minyak lavender. Minyak esensial ini umumnya digunakan untuk menghilangkan stres, membantu untuk tidur nyenyak, kecemasan, dan depresi.

Namun tak hanya itu, ternyata minyak lavender juga mampu mengobati sakit kepala dan migrain yang dipicu oleh stres. Sebuah penelitian melaporkan bahwa menghirup aroma dari minyak lavender dapat membantu mengelola rasa sakit kepala dan migrain.

Minyak lavender sendiri tentunya sudah tak asing. Bunga lavender tidak hanya terkenal dengan warna ungu yang cantik dan aroma harumnya saja, tetapi juga dengan manfaatnya untuk kesehatan.

Aroma bunga lavender yang mengandung linalool dan linalyl dapat mengusir nyamuk. Sedangkan aroma bunga ini memberikan efek menenangkan bagi manusia.

4 dari 6 halaman

3. Minyak Pappermint

ilustrasi minyak esensial©Shutterstock

Minyak peppermint merupakan salah satu jenis minyak esensial yang ampuh atasi insomnia selanjutnya yang dapat dicoba. Daun pappermint memang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Baik dalam versi daun segar, suplemen herbal, maupun minyak esensialnya, peppermint masih menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Minyak esensial pappermint bisa digunakan untuk atasi sakit kepala yang memicu insomnia. Minyak peppermint mengandung mentol, yang dapat membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 menunjukkan mentol mungkin efektif dalam mengobati migrain ketika dioleskan ke kepala sebagai gel.

5 dari 6 halaman

4. Bergamot

ilustrasi minyak esensial©Pixabay/Devanath

Jenis minyak esensial untuk atasi insomnia selanjutnya adalah bergamot atau aroma citrus. Berdasarkan penelitian yang dilansir di jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice di tahun 2016, peneliti melakukan riset manfaat minyak esensial bergamot terhadap kualitas tidur seseorang.

Hasilnya menakjubkan, 94 persen responden yang diberikan minyak esensial bergamot sebelum tidur merasakan peningkatan kualitas tidur yang lebih baik dan tidur menjadi lebih nyenyak. Bahkan, 92 persen responden menjadikannya kebiasaan rutin sebelum tidur.

6 dari 6 halaman

5. Cedarwood

ilustrasi minyak cendana©Shutterstock

Cedrol, komponen dari minyak esensial cedarwood telah terbukti secara klinis bisa meningkatkan kualitas tidur. Menurut studi yang dilansir di Journal of Physiological Anthropology, minyak esensial kayu cedar dapat meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Selanjutnya, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Evidence-based and Complementary Alternative Medicine, disebutkan bahwa menghirup aroma minyak esensial cedarwood dapat membuat penderita demensia tidur lebih nyenyak dan lebih jarang terbangun di malam hari.

(mdk/nof)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami