5 Khasiat Daun Kemangi untuk Kecantikan, Bantu Kulit Bercahaya dan Cegah Penuaan Dini

5 Khasiat Daun Kemangi untuk Kecantikan, Bantu Kulit Bercahaya dan Cegah Penuaan Dini
Ilustrasi daun kemangi. ©Shutterstock/B. and E. Dudzinscy
JABAR | 24 Juni 2021 16:00 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Kemangi merupakan tumbuhan berbatang pendek yang tumbuh di berbagai belahan dunia. Di Indonesia, daun kemangi kerap dijadikan bahan pelengkap pada berbagai macam menu masakan seperti masakan ayam atau sambal. Tak hanya menambah cita rasa pada masakan, kemangi juga kerap dimakan secara langsung sebagai lalapan.

Daun kemangi memiliki banyak kandungan senyawa kimia antara lain saponin, flavanoid, tanin dan minyak atsiri. Kandungan paling utama pada kemangi adalah minyak atsiri. Minyak atsiri dalam daun kemangi memiliki kemampuan dalam menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Bacilus cereus, Pseudomonas fluorescens, Candida albicans, Streptococcus alfa dan Bacillus subtilis.

Dengan demikian, tak heran bila daun kemangi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya seperti mengobati demam, mengobati mual, sakit perut dan masih banyak lainnya.

Namun ternyata daun kemangi tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kaya akan manfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Lebih jauh berikut ini informasi mengenai 5 khasiat daun kemangi untuk kecantikan, bantu kulit bercahaya dan cegah penuaan dini telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com.

2 dari 6 halaman

1. Kulit Menjadi Bercahaya

Khasiat daun kemangi untuk kecantikan yang pertama adalah dapat menjadikan kulit tampak lebih bercahaya. Hal ini tak lain karena daun kemangi mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu menjadikan kulit sehat dan bercahaya.

Caranya mudah, ambil beberapa daun kemangi dan ekstrak jusnya. Lalu, tambahkan satu sendok gliserin dan pijat wajah kamu dengan masker ini setiap hari. Ulangi proses ini dua kali atau tiga kali sehari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

3 dari 6 halaman

2. Mengatasi Jerawat dan Bekas Jerawat


Khasiat daun kemangi untuk kecantikan berikutnya adalah mengatasi jerawat sekaligus bekasnya. Kemangi mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat menyembuhkan jerawat serta bekas jerawat dengan mudah.

Dalam hal ini kemangi bekerja sebagai pembersih kulit alami yang membantu menghilangkan kotoran dan debu dari wajah. Ambil beberapa daun kemangi dan hancurkan.

Lalu, ambil ekstrak jusnya dan tambahkan dengan satu sendok makan bubuk kunyit. Campurkan bahan dan terapkan masker ini pada wajah. Setelah kering dan meresap bilas dengan air hingga bersih.

4 dari 6 halaman

3. Membantu Menyamarkan Bekas Luka Pada Kulit


Membantu menyamarkan bekas luka pada kulit juga merupakan salah satu khasiat daun kemangi untuk kecantikan. Daun kemangi adalah satu di antara bahan populer yang dapat membantu menyamarkan bekas luka dan bekas jerawat pada kulit wajah.

Ambil beberapa daun kemangi dan hancurkan. Tambahkan satu sendok madu dan satu sendok air lemon dan aduk hingga membentuk pasta. Oleskan masker ini pada wajah dan bilaslah dengan air.

5 dari 6 halaman

4. Mampu Mengobati Luka Infeksi


Khasiat daun kemangi untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat mengobati luka infeksi. Hal ini tak lain karena sifat antibakteri ditemukan pada daun kemangi, sehingga dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit. Menggunakan daun kemangi pada kulit sangat membantu bagi orang-orang yang mengalami eksim. 

Caranya sangat mudah, cukup ambil beberapa daun kemangi dan tumbuk hingga halus. Lalu, tambahkan dengan setengah cangkir yoghurt. Campurkan bahan dan terapkan pada wajah hingga mengering, kemudian bilas dengan air.

6 dari 6 halaman

5. Mencegah Penuaan


Selain itu, khasiat daun kemangi untuk kecantikan juga bisa untuk membantu mencegah tanda-tanda penuaan. Menggunakan daun kemangi dapat membantu mengencangkan kulit kamu secara alami, sehingga menjadikan kulit tampak lebih muda.

Ambil daun kemangi dan tumbuk sampai halus dan tambahkan beberapa sendok minyak kelapa. Aduk hingga rata. Terapkan pada wajah dan diamkan untuk sementara. Kemudian, bilas hingga bersih.

Gunakan perawatan ini setiap dua kali dalam sehari untuk memberikan kulit yang tampak lebih muda dan bersinar.

(mdk/nof)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami