5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Anemia, Bisa Memperburuk Gejala

5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Anemia, Bisa Memperburuk Gejala
ilustrasi anemia. healthguides.healthgrades.com
JABAR | 9 November 2020 19:00 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Anemia adalah suatu kondisi yang sudah dialami banyak orang, terutama wanita di seluruh dunia. Meskipun ada berbagai faktor yang menjadi penyebab atas turunnya produksi sel darah merah dalam tubuh, kekurangan zat besi dan folat masih menjadi penyebab utama dari kondisi ini.

Untuk mengatasinya, banyak orang mencoba mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan asam folat untuk meningkatkan kadar hemoglobinnya. Meskipun dengan mengonsumsi makanan dapat membantu meningkatkan hemoglobin dalam tubuh, ada beberapa makanan tertentu yang justru dapat menghambat penyerapan nutrisi tersebut.

Mengetahui tentang jenis makanan yang harus dihindari penderita anemia ini tentu akan membantu seseorang yang mengidap anemia. Memperhatikan dan berhati-hati menghindari makanan ini bisa menjadi langkah tepat untuk mencegah kondisi anemia berubah semakin buruk.

Berikut 5 jenis makanan yang harus dihindari penderita anemia yang telah dilansir dari pharmeasy.in.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Kalsium

018 tantri setyorini
© Boldsky

Makanan yang harus dihindari penderita anemia yang pertama adalah makanan yang mengandung kalsium. Kalsium adalah mineral yang dapat menghalangi penyerapan zat besi. Oleh karena itu, mengonsumsi produk makanan yang mengandung kalsium yang dikombinasikan dengan makanan yang kaya zat besi lainnya dapat memengaruhi seberapa banyak zat besi yang bisa diserap oleh tubuh.

Makanan olahan susu seperti susu, yoghurt, dan keju harus dihindari karena alasan ini. Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium pada waktu yang berbeda. 

Makanan Kaya Tanin

Makanan yang harus dihindari penderita anemia yang kedua adalah makanan yang kaya tanin. Tanin adalah zat alami nabati. Teh dan kopi yang Anda minum juga mengandung tanin. Mereka juga hadir dalam jus buah, beri, delima, kacang-kacangan, beberapa herba, dan beberapa rempah-rempah.

Penyerapan zat besi terjadi terutama di duodenum dan jejunum bagian atas dari usus kecil. Zat ini kemudian mengikat molekul besi dan mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Karena gangguan ini, zat besi tidak terserap sepenuhnya dari tubuh Anda.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Gluten

ilustrasi anemia©Shutterstock.com

Makanan yang harus dihindari penderita anemia yang ketiga adalah makanan yang mengandung gluten. Makanan yang kaya gluten harus dihindari karena dapat memperburuk anemia. Gluten dapat merusak dinding usus dan mencegah penyerapan zat besi dan asam folat yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah.

Pada penyakit celiac (penyakit di mana usus kecil rusak karena penderita alergi gluten), folat dan zat besi tidak terserap seluruhnya di dalam tubuh. Akibatnya, penyerapan yang salah ini bisa memicu anemia. Namun, gluten hanya boleh dihindari, jika Anda alergi dan bukan sebaliknya.

Makanan Kaya Fitat

Makanan yang harus dihindari penderita anemia yang selanjutnya adalah makanan yang kaya akan fitat. Fitat, juga disebut sebagai asam fitat, terdapat dalam kacang-kacangan, biji-bijian, dan beras merah.

Asam fitat dapat mengikat zat besi yang ada di saluran pencernaan dan menghambat penyerapannya. Oleh karena itu, penderita anemia harus menghindari makanan yang mengandung fitat.

4 dari 4 halaman

Makanan Asam Oksalat

hitam©www.afternoonrecipes.com

Makanan yang harus dihindari penderita anemia terakhir adalah makanan yang mengandung asam oksalat. Dalam beberapa kasus, makanan yang mengandung asam oksalat diketahui dapat mengganggu penyerapan zat besi.

Karena itu, penderita anemia disarankan untuk mengonsumsi makanan ini dalam jumlah terbatas atau bahkan menghindari makanan tersebut selama menjalani pengobatan. Makanan yang mengandung asam oksalat bisa berupa kacang tanah, bayam, peterseli, dan coklat.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami