5 Manfaat Air Putih untuk Kecantikan, Bantu Kulit Tampak Sehat dan Bercahaya

5 Manfaat Air Putih untuk Kecantikan, Bantu Kulit Tampak Sehat dan Bercahaya
Ilustrasi air putih. Shutterstock/luchschen
JABAR | 20 Agustus 2021 14:41 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Manusia dalam kehidupan sehari-hari memerlukan sumber tenaga yaitu makanan dan minuman. Salah satunya adalah kebutuhan akan air minum. Diketahui bahwa 70% bagian yang ada dalam tubuh manusia berbentuk cairan. Oleh karenanya manusia membutuhkan supply air yang cukup untuk menjaga kesegaran dan kebugaran jasmani.

Menurut ahli gizi air putih merupakan air minum terbaik yang tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh tetapi juga baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulitmu. Dengan rajin mengonsumsi air putih sebanyak 1 sampai 2,5 liter atau setara dengan 6-9 gelas setiap harinya.

Salah satu manfaat yang dapat kamu rasakan setelah rajin mengonsumsi air putih adalah kulit terasa lebih lembap dan sehat. Tentu saja masih banyak manfaat air putih lainnya untuk kecantikan.

Berikut ini informasi lengkap mengenai 5 manfaat air putih untuk kecantikan, bantu kulit tampak sehat dan bercahaya telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.

2 dari 6 halaman

1. Menjaga Kelebapan Kulit

Manfaat air putih untuk kecantikan yang pertama adalah dapat menjaga kelembapan kulit. Manfaat ini sangat cocok untuk kamu yang sering mengalami masalah kulit kering.

Masalah kulit kering sendiri bisa jadi tanda bahwa kamu kekurangan cairan dalam tubuhmu. Minum air putih secukupnya akan membuat kulit menjadi lebih lembab secara alami. Air putih bisa memberikan nutrisi yang baik pada sel-sel kulit.

3 dari 6 halaman

2. Memulihkan Kulit dari Sunburn

002 tantri setyoriniilustrasi Sunburn ©2016 Instagram

Manfaat air putih untuk kecantikan berikutnya adalah dapat memulihkan kulit dari sunburn. Sunburn atau terbakar karena sinar matahari bisa terjadi saat kamu beraktifitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari secara langsung. Manfaat minum air putih ternyata bisa membantu proses pemulihan kulit yang terkena sunburn.

4 dari 6 halaman

3. Bantu Kulit Tampak Sehat dan Bercahaya

Manfaat air putih untuk kecantikan juga bisa membuat kulit tampak lebih sehat dan bercahaya. Pasalnya air putih dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan kotoran yang mengendap dengan mudah melalui keringat hingga urine. Jika tubuh dan kulit sudah bersih dari racun maka kamu akan terlihat fresh dan lebih bercahaya.

5 dari 6 halaman

4. Mengurangi Jerawat

ilustrasi jerawatIlustrasi jerawat ©Shutterstock

Jerawat muncul karena banyaknya kotoran dan racun di dalam tubuh dan di lapisan kulit. Air putih akan membantu menghilangkan kotoran dalam tubuh dan kulit melalui urine hingga keringat, sehingga jerawat bisa dihindari dan bahkan bisa berkurang. Tambahkan sari lemon juga bisa lebih membuat wajahmu bersih dari jerawat.

6 dari 6 halaman

5. Menghambat Penuaan Dini

Selain mengurangi jerawat, konsumsi air putih juga dapat menghambat penuaan dini. Jika saat ini kamu jarang mengkonsumsi air putih, maka kebiasaan ini harus segera kamu hilangkan. Karena jika tubuh atau kulit tidak mendapatkan asupan cairan yang mencukupi, akan timbul berbagai masalah salah satunya penuaan dini.

Manfaat air putih sebenarnya masih banyak dan baik untuk tubuh kita. Usahakan untuk rutin mengkonsumsi air putih sehari-hari agar kebutuhan cairan dalam tubuh bisa terpenuhi dan keseimbangan tubuh bisa terjaga. Jika tubuh sudah seimbang, maka akan terhindar dari berbagai masalah penyakit.

(mdk/nof)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami